Sukses

Saat di Luar Angkasa, Olahraga Apa yang Dilakukan Astronot?

Badan antariksa Amerika Serikat NASA menyarankan para astronot berolahraga selama di luar angkasa. Seperti apa olahraganya?

Liputan6.com, Jakarta Di mana pun seseorang berada, olahraga itu penting. Termasuk saat seorang astronot berada di luar angkasa. Lalu, olahraga seperti apa yang dilakukan astronot di luar sana?

Saat astronot di luar angkasa, rata-rata kehilangan daya tahan tubuh sampai 10 persen dari biasanya. Lalu, kepadatan tulang menurun hingga tujuh persen. Itu sebabnya badan antariksa Amerika Serikat NASA menyarankan para astronot untuk mengimbangi efek ini dengan berolahraga. Paling tidak 2,5 jam setiap hari seperti mengutip laman Men's Health, Rabu (4/10/2017).

Olahraga yang dilakukan astronot pun tak jauh berbeda dengan yang ada di bumi. International Space Station (ISS) menyiapkan sepeda statis, treadmill dan angkat besi luar angkasa.

Tentu saja alat-alat olahraga tersebut dirancang khusus untuk di luar angkasa. Jika tidak, sama saja nol karena di luar sana tidak ada gravitasi.

Lalu, astronot juga bisa melakukan gerakan-gerakan seperti squat, bench press, deadlift. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kebugaran serta daya tahan tubuh.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini