Sukses

5 Sayuran Kaya Nutrisi

Ahli Nutrisi House Frida Harju berbagi macam-macam sayuran yang paling banyak nutrisinya yang bisa dikonsumsi sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta Sudah makan sayurkah Anda hari ini? Beberapa sayuran memiliki banyak kandungan gizi sehingga bisa dimasukkan dalam diet Anda.

Ahli Nutrisi House Frida Harju berbagi macam-macam sayuran yang paling banyak nutrisinya yang sebaiknya Anda konsumsi sehari-hari seperti dilansir Female First, Rabu (4/10/2017):

1. Bayam

Seperti tomat, bayam mengandung antioksidan yang memberantas radikal bebas. Dan para periset di University of South Florida menemukan bayem bisa meningkatkan kemampuan memori dan pembelajaran.

Bayam mengandung banyak potassium yang meningkatkan kecepatan sinyal antar neuron, membantu otak kita menjadi lebih responsif. Selain itu sayuran hijau ini juga kaya vitamin C, yang membantu tubuh melawan infeksi dan meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

2. Ubi

Ubi jalar mengandung 65 persen vitamin C harian yang sangat penting setiap hari, juga memiliki indeks glikemik yang sangat rendah.

Ubi juga banyak mengandung serat makanan, yang membantu mengurangi gula darah dan lonjakan insulin, yang pada akhirnya mengurangi lemak perut.

Cara terbaik untuk mendapatkan keuntungan dari ubi jalar adalah tak mengupasnya karena memiliki potensi penyembuhan dengan kadar vitamin A, beta karoten dan kandungan potassium yang tinggi. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terong

3. Kacang

Kacang ini merupakan sumber nutrisi yang hebat. Kacang mengandung lisin, asam amino esensial yang membantu tubuh mengubah asam lemak menjadi energi dan membantu menurunkan kolesterol.

Selain itu kacang juga mengandung folat, vitamin B yang mempengaruhi neurotransmitter yang bisa merusak mood Anda.

Kacang terutama kacang putih, juga kaya akan protein, zat besi dan serat serta menjadi sumber kalsium yang hebat.

4. Terong

Terong kaya mineral seperti potassium yang baik untuk metabolisme, dan magnesium yang membantu mengendurkan otot dan dapat membantu memperbaiki tidur Anda.

Apabila Anda kekurangan vitamin B dan K, pilihlah sayuran ini, dan pastikan untuk tak mengupas kulit jika Anda menginginkan tambahan nasunin, fitonutrien dan antioksidan yang memiliki sifat anti penuaan.

Terong juga memiliki kadar air tinggi, yang membantu menjaga tubuh dan kulit Anda terhidrasi dengan baik, serta membiarkan kulit tampak bersinar dan sehat.

5. Labu

Labu mengandung nutrisi penting seperti asam folat, mangan, vitamin C dan seng, semuanya dikenal membantu memperkuat sistem kekebalan alami tubuh. Ini juga mengandung riboflavin, vitamin yang juga dikenal sebagai B2, yang membantu tubuh melawan fungsi bakteri.

Tidak hanya itu, minyak yang ditemukan di dalam biji labu mengandung senyawa berbasis tanaman yang tinggi, phytoestrogen, sangat bermanfaat dalam mencegah tekanan darah tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.