Sukses

Hati-Hati, Terlalu Asyik Mengetik Bisa Fatal Akibatnya Bagi Sendi

Liputan6.com, Jakarta Dalam sehari berapa kali Anda mengetik, baik di komputer maupun di ponsel? Berhati-hatilah... Ternyata, gerakan repetitif seperti mengetik atau memotong makanan, dapat menyakiti sendi besar seperti pundak dan sendi kecil seperti ibu jari.

Saran dari Direktur Medis di Brigham and Women's Multidisciplinary Spine Center, Zacharia Isaac, beristirahatlah dari aktivitas tersebut setiap dua sampai tiga menit. Hindari aktivitas itu jika otot sudah terasa nyeri.

Walaupun begitu, terlalu banyak diam juga kurang baik bagi kesehatan sendi dan otot. Terlalu lama berada di posisi yang sama dapat melelahkan sendi, otot, dan tulang rawan karena aliran darah menuju area tersembut menjadi lambat.

"Jika Anda berdiri, membaca, atau bekerja di komputer, pastikan untuk meregangkan tubuh atau berganti posisi setiap 10 sampai 15 menit," ucap Isaac.Perlu diperhatikan, kebiasaan lain yang biasa dilakukan sehari-hari juga bisa menyebabkan nyeri otot. Contohnya, kebiasaan tidur yang kurang baik juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan tulang dan otot. Beberapa cara untuk membuat tidur menjadi lebih nyenyak adalah menghindari konsumsi kafein paling tidak enam jam sebelum tidur, jauhi alkohol, dan rutin berolahraga.

Jika kebiasaan-kebiasaan tersebut tetap dilakukan, nyeri sendi dan otot pun tak akan bisa terhindarkan. Kenyataannya, hampir 65 persen orang mengalami masalah kesehatan sendi dan punggung paling tidak seminggu sekali.

Jika otot dan sendi sudah terlanjur terasa nyeri, salah satu cara menanggulanginya adalah dengan menggunakan Voltaren Emulgel. Kandungan Natrium Diklofenac-nya dapat mengobati rasa nyeri hingga ke akarnya tanpa memberi rasa panas.

Berlawanan dengan kepercayaan orang selama ini, mengoleskan balsem di area yang sakit hingga terasa panas tidak mampu mengobati rasa sakit hingga ke akarnya. Rasa sakit pun kemungkinan besar akan muncul lagi.

 

Ayo, ubah kebiasaan sehari-hari Anda yang masih kurang baik bagi kesehatan otot dan sendi, termasuk kebiasaan menggunakan balsem sembarangan. Ganti dengan kebiasaan menggunakan Voltaren Emulgel yang dapat #BerantasTanpaPanas!(Adv)

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Jelang Pernikahan Raisa, Ini Tips Atasi Patah Hati Buat Warganet
Artikel Selanjutnya
Inilah 6 Tanda Anda Terlalu Stres