Sukses

Pertolongan Pertama saat Terserang Flu

Liputan6.com, Jakarta Flu bisa muncul, salah satunya karena tubuh mengalami dehidrasi. Oleh karenanya, diperlukan asupan cairan yang cukup.

"Hidrasi yang baik, melancarkan mekanisme dan metabolisme tubuh, termasuk imunitas. Cukup sayuran, buah, (lebih banyak buang air kecil lebuh baik daripada dehidrasi)," tutur Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Laurentius Aswin Pramono, SpPD, M.Epid di Jakarta, seperti dilansir dari AntaraNews, Senin (2/10/2017).

Terkadang saat flu, suhu tubuh meningkat. Asupan cairan bisa membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi selain meminum paracetamol.

"Flu bisa karena dehidrasi, sehingga tubuh butuh penggantian cairan untuk menurunkan suhu. Paling mudah minum obat seperti paracetamol, lalu yang penting minum air yang cukup," kata Aswin.

Kelompok orang tertentu yang rentan terkena flu antara lain penderita penyakit kronik seperti diabetes, ginjal, lalu mereka yang berusia lanjut, anak-anak dan penderita penyakit alergi seperti rhinitis dan asma.

"Usia lanjut penting mendapatkan vaksin influenza, agar ebih ringan gejalanya. Lebih cepat sembuh," kata Aswan.

 

Simak juga video menarik berikut:

(Lia Wanadriani Santosa/AntaraNews)

  • Influenza atau common cold (pilek, selesma) adalah suatu reaksi peradangan saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus.
    Influenza
  • Flu

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video