Sukses

9 Manfaat Sehat Air Lemon untuk Ibu Menyusui

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda seorang ibu menyusui dan ingin memastikan anak dapat ASI yang bersih dan bergizi? Anda juga sedang berusaha untuk menyingkirkan perut kembung?

Anda bisa mempertimbangkan untuk meminum air lemon selama menyusui. Lemon kaya akan vitamin C, riboflavin, vitamin B, kalsium, magnesium, fosfor, karbohidrat, dan protein.

Jadi, minum air lemon selama menyusui sangat bermanfaat bagi Anda dan bayi. Berikut manfaat kesehatan air lemon untuk ibu menyusui, seperti dilansir dari laman momjunction, Senin (2/10/2017):

1. Pasokan ASI yang sehat

Minum air lemon selama menyusui dapat menghidrasi tubuh dan menjaganya tetap bugar, yang pada akhirnya menjamin pasokan ASI yang sehat untuk bayi. Jadi, ibu menyusui harus meningkatkan asupan air harian mereka dan memasukkan air lemon dalam menu makanan sehari-hari.

2. Mencegah masalah pencernaan pada bayi

Air lemon bagus untuk sistem pencernaan. Mengonsumsi air lemon saat menyusui bisa mencegah masalah pencernaan pada bayi Anda. Minuman sehat ini dapat mengatasi masalah pencernaan, seperti kembung, keram, dan masalah lainnya pada bayi Anda.

3. ASI yang bersih untuk bayi

Minum air lemon membantu pencernaan, asimilasi nutrisi, dan eliminasi toksin di tubuh Anda. Air lemon mencegah masuknya racun ke dalam ASI. Dengan demikian, minuman sehat ini memastikan bayi Anda mendapatkan susu bergizi dan bersih.

4. Meringankan sakit tenggorokan

Air lemon akan meringankan sakit tenggorokan ibu menyusui. Air lemon secara efektif mengatasi dan menyembuhkan infeksi tenggorokan. Ibu hanya perlu berkumur dengan air lemon untuk mengobati infeksi.

Simak juga video menarik berikut:

 

1 dari 3 halaman

Sembuhkan mual dan tangkis varises

5. Menurunkan tekanan darah

Terkadang ibu menyusui menderita tekanan darah tinggi setelah melahirkan. Air lemon kaya potasium, yang membantu menurunkan tekanan darah saat ibu menyusui bayi. Selain itu, asupan air lemon secara teratur membantu menyembuhkan mual dan pusing pada ibu menyusui.

6. Memperkuat pembuluh balik (vena)

Ibu biasanya menderita varises setelah melahirkan bayi. Jus lemon kaya akan rutin, yakni bioflavonoid yang memperkuat dinding vena atau pembuluh balik Anda. Minum jus lemon juga mencegah risiko kambuhnya varises.

7. Mencerahkan kulit

Minum air lemon setelah melahirkan akan mempercantik kulit. Kaya akan vitamin C, air lemon akan meningkatkan tekstur kulit dan membuatnya lebih cerah. Air lemon juga membantu menghilangkan komedo.

 

2 dari 3 halaman

Bebas infeksi dan cegah risiko kanker payudara

8. Mencegah risiko kanker payudara

Penelitian menunjukkan bahwa kulit dan selaput putih lemon mengandung limonene, zat kimia dengan sifat antitumor. Minum air lemon mencegah risiko kanker payudara pada ibu menyusui.

9. Memurnikan darah

Air lemon bertindak sebagai pemurni darah. Ibu menyusui meminum air lemon untuk memurnikan darah dan menjaganya agar tetap bebas infeksi saat menyusui bayinya.

Meskipun minum air lemon tidak memiliki efek samping selama menyusui, Anda perlu sedikit berhati-hati. Pastikan saat memulainya, Anda mencampur ¼ buah lemon dalam 12 ons air dan secara bertahap tingkatkan jumlah jus lemon untuk memastikan Anda atau bayi Anda tidak terkena alergi.

 

Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Hebat Dari Rajin Minum Air Hangat Pagi Hari
Artikel Selanjutnya
5 Minuman Sehat yang Tak Kalah Segar dari Soda