Sukses

Jahe dan Bawang Putih untuk Redakan Nyeri Otot di Musim Hujan

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri otot saat musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta Saat musim hujan tiba, berbagai penyakit mudah timbul, diantaranya batuk, pilek, demam dan masalah pada kulit. Selain penyakit-penyakit tersebut, beberapa jenis penyakit lainnya seperti kelelahan dan nyeri otot juga seringkali dirasakan pada musim hujan.

Mengutip laman Boldsky, Senin (10/2/2017), beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri otot seperti berikut ini.

1. Jahe

Untuk mengatasi nyeri otot, salah satu ramuan yang bisa diandalkan adalah jahe. Rebus satu sendok teh jahe dengan segelas air selama 15 menit. Tambahkan madu dan minum saat hangat. Ramuan ini bisa menekan inflamasi dan menghilangkan nyeri otot dan sendi.

2. Peregangan otot

Melakukan stretching atau peregangan otot dapat membantu melancarkan aliran darah dan menekan inflamasi. Selain itu, tetap aktif bergerak juga dapat mengurangi rasa sakit.

3. Bawang putih

Bawang putih merupakan anti inflamasi. Konsumsi bawang putih dapat mengatasi nyeri otot. Selain bawang putih, meminum susu kunyit juga bisa memberi khasiat yang sama.

4. Vitamin c

Makanan yang mengandung vitamin c seperti jeruk, cabe dan tomat dapat mencegah nyeri otot dan memberikan tenaga di musim hujan.

 

Saksikan video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Garam

Cara lainnya untuk mengatasi nyeri otot adalah dengan merendam tubuh Anda dalam bak berisi air hangat. Untuk membantu mengatasi nyeri, tambahkan sesendok garam ke dalam bak.

Kandungan magnesium dalam garam dapat membantu otot lebih rileks. Untuk hasil maksimal, berendamlah minimal selama lima menit.

6. Minum air

Dehidrasi dapat menyebabkan nyeri otot, untuk itu penuhi kebutuhan air minum minimal delapan gelas perhari. Selain itu, jangan tunggu sampai haus, minumlah air secara teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini