Sukses

6 Jurus Redakan Nyeri Saat Persalinan

Liputan6.com, Jakarta Detik-detik persalinan membuat ibu hamil didera mulas secara terus menerus. Apalagi rasa nyeri karena kontraksi yang terus menerus  persalinan bisa membuat ibu hamil frustasi dan cemas.

Efek nyeri membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Untuk itu,  ada beberapa tips mengelola nyeri saat persalinan, dikutip dari Today's Parent, Jumat (29/9/2017).

Dukungan dari doula

Anda bisa mendapatkan dukungan secara emosional doula--profesional terlatih untuk memberikan semangat memberikan dukungan kepada ibu hamil).

Kehadiran dan kenyamanan dari adanya doula bisa membuat ibu hamil melewati situasi yang paling sulit sekalipun (persalinan).

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 6 halaman

Pijatan

Pijatan dapat meredakan rasa nyeri, terutama pijatan pada punggung bagian bawah. Pijatan pada tangan dan kaki dapat membantu rileks.

Ketika ibu hamil mengalami kontraksi, rasa nyeri seketika bisa timbul. Pijatan di punggung bagian bawah sangat membantu redakan nyeri.

2 dari 6 halaman

Lebih banyak bergerak

Berbaring di tempat tidur ternyata tidak  membuat rasa nyeri menghilang. Penelitian menunjukkan, posisi hanya berbaring itu bukan posisi ideal redakan nyeri.

Hal ini tidak memungkinkan ibu hamil bergerak bebas.

Sebaliknya, posisi ibu hamil yang banyak bergerak, seperti berjalan, bersandar atau berjongkok sangat membantu meredakan nyeri.

3 dari 6 halaman

Berendam di bak mandi

Berendam di bak mandi bisa meredakan nyeri karena kontraksi. Penelitian menunjukkan, ibu hamil yang mnghabiskan waktu berendam di air mungkin mengalami kontraksi yang tidak terlalu menyakitkan.

Salah satu kelemahan dari metode ini adalah beberapa ibu hamil merasa sulit untuk masuk ke posisi yang mereka sukai di bak mandi. Mereka perlu meminta dukungan orang tersebut.

4 dari 6 halaman

Suntikan air steril

Pemberian suntikan air steril intracutaneous menjadi bantuan yang efektif meredakan nyeri. Prosedur ini melibatkan penyuntikan sejumlah kecil air steril di bawah kulit pada empat tempat di punggung bagian bawah.

Suntikan dapat mengurangi sensasi nyeri punggung segera. Efek suntikan berlangsung antara 45 menit sampai 2 jam.

Kelemahan yang ada, suntikan sangat menyakitkan. Ketika disuntik, ibu hamil akan merasakan sensasi seperti digigit lebah, yang berlangsung sekitar 20 sampai 30 detik saat air steril masuk dan menyebar di sekitar kulit.

5 dari 6 halaman

Mesin TENS

Mesin TENS (Transcutaneous Electric Stimulation Stimulation) adalah salah satu alat portabel yang dioperasikan waktu persalinan. Hal ini memberikan sedikit dorongan listrik sehingga ibu mengurangi sensasi kontraksi yang nyeri.

Artikel Selanjutnya
5 Sebab Kate Middleton Alami Mual dan Muntah Parah
Artikel Selanjutnya
Gejala Nyeri Dada yang Bisa Mengancam Nyawa