Sukses

Tak Perlu Tunggu Serangan Jantung untuk Pasang Ring

Politisi Partai Golkar Setya Novanto (Setnov) sekitar lebih dari sepekan lalu pasang ring jantung.

Liputan6.com, Jakarta Politisi Partai Golkar Setya Novanto (Setnov) sekitar lebih dari sepekan lalu menjalani prosedur pasang ring jantung. Tindakan tersebut dilakukan berdasarkan rekomendasi dokter karena ditemukan plak di jantung usai dilakukan pemeriksaan.

Seperti Setya Novanto, orang yang tidak terkena serangan jantung pun bisa saja menjalani pasang ring jantung. Tindakan tersebut dilakukan setelah menjalani aneka pemeriksaan scanning yang memperlihatkan kondisi jantungnya.

"Jadi saat check-up, lalu lihat ada penyempitan pembuluh darah koroner lalu (direncanakan untuk) dipasang ring," kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah yang tidak menangani Setnov, Antonia Anna Lukito.

Pemasangan ring jantung dilakukan untuk melebarkan pembuluh darah koroner yang menyempit atau tersumbat. Sehingga aliran darah bisa kembali lancar membawa oksigen dan nutrisi ke otot-otot jantung. Jantung pun terpompa dengan baik. 

Pada pasien serangan jantung, tindakan pemasangan ring jantung perlu segera dilakukan. Antonia mengatakan ada waktu ideal dari kondisi serangan jantung sampai dengan pemasangan ring itu tidak lebih dari 90 menit.

"Semakin lama (penanganannya), perusakannya di jantung meningkat," katanya dalam sebuah acara di kawasan Senayan Jakarta ditulis Jumat (29/9/2017).

 

Saksikan juga video berikut 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemasangan ring jantung cepat

Pemasangan ring jantung bukanlah tindakan operasi, melainkan tindakan non-operasi karena tidak dilakukan pembedahan. Seorang dokter biasanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk memasang ring (stent) di pembuluh jantung pasien.

Antonia menjelaskan hal pertama yang dilakukan adalah katerisasi. Yakni memasukan semacam pipa dengan ukuran diameter 2 mm. Tindakan ini dilakukan melalui arteri di pangkal tangan atau paha, kateter dimasukkan dan diarahkan menuju pembuluh darah koroner. Tindakan katerisasi memerlukan waktu sekitar 15 menit.

Dilanjutkan dengan pemasangan ring. Untuk satu ring, butuh waktu sekitar 30 menit.

Lalu, pasien pun bakal dirawat di rumah sakit. Untuk pasien serangan jantung, diprediksi sekitar dua-tiga hari dirawat di ICU. Sementara pada pasien yang melakukan pemasangan ring jantung secara terencana biasanya hanya menginap satu malam di rumah sakit. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.