Sukses

Makan Steak, Ayam, dan Alpukat Bisa Bikin Berat Badan Turun

Liputan6.com, Inggris Sirloin steak, ayam, dan alpukat (avokad) ternyata bisa membantu turunkan berat badan. Makanan ini memicu reaksi di otak yang membuat orang merasa cepat kenyang.

Para peneliti dari University of Warwick, Inggris pertama kali mengidentifikasi sel-sel di otak, yang disebut tanycytes. Mereka mendeteksi nutrisi dalam makanan dan membantu memicu perasaan kenyang.

Dilansir Telegraph, Jumat (29/9/2017), untuk memicu tanycytes ada beberapa makanan yang mengandung jenis asam amino. Sirloin steak, ayam, dan alpukat ditemukan mengandung asam amino yang mengaktifkan tanycytes.

Setelah orang makan makanan tersebut, mereka akan merasa kenyang lebih cepat.

"Tingkat asam amino dalam darah dan reaksinya ke otak memberikan kesan kenyang. Jadi, makanan yang mengandung asam amino bisa membantu orang mengendalikan berat badan," kata dr Nicholas Dale, Profesor Neuroscience di University of Warwick.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 2 halaman

Reaksi tanycytes

Para peneliti membuat penemuan dengan menambahkan sejumlah asam amino ke dalam sel otak. Hasil yang diperoleh, dalam waktu tiga puluh detik, tanycytes bereaksi terhadap asam amino.

Reaksi itu dikirim ke bagian otak yang mengendalikan nafsu makan dan berat badan.

Hampir dua pertiga penduduk Inggris kelebihan berat badan (obesitas). Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat dalam beberapa dekade mendatang.

Untuk menekan obesitas tersebut, steak, ayam, dan alpukat bisa menjadi kunci mengendalikan berat badan.

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Molecular Metabolism

Artikel Selanjutnya
6 Makanan Kecil yang Bantu Bikin Tubuh Langsing
Artikel Selanjutnya
Ini Dampak Berlebihan Makan Daging