Sukses

Jarum Infus di Pergelangan Tangan Setya Novanto, Ini Kata Dokter

Jarum infus di foto Setya Novanto terpasang di pergelangan tangan. Kenapa bukan di punggung tangan?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kejanggalan yang dibicarakan publik tentang foto politikus Setya Novanto saat dirawat di rumah sakit adalah tentang jarum suntik di pergelangan tangan. Namun, menurut dokter, posisi jarum infus di pergelangan tangan memang bisa saja dilakukan.

"Biasanya memang di punggung tangan, tapi di pergelangan tangan juga bisa," kata dokter Aditya saat dihubungi Health-Liputan6.com, Kamis (28/9/2017).

Pria yang tengah menempuh pendidikan spesialis penyakit dalam ini mengatakan, bagian pergelangan tangan jarang dimasukkan jarum suntik infus karena selang infus jadi mudah menekuk.

"Kalau menekuk, aliran cairan infus jadi tidak lancar," tuturnya.

Tentang pemilihan lokasi jarum suntik di pergelangan tangan Setyo Novanto, dia mengungkapkan hal tersebut bisa ditanyakan kepada perawat.

"Biasanya yang melakukan tindakan itu perawat dan perawat kan juga paramedis," katanya.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal angka 90 di monitor

Warganet juga menyorot tentang angka 90 yang terpampang di monitor sebelah kanan Setya Novanto. Aditya menuturkan itu adalah tanda bahwa detak jantung Setya Novanto saat itu 90 kali per menit.

"Detak jantung itu normal. (Detak jantung normal) itu 60-100 kali per menit," katanya lagi.

Aditya menerangkan angka tersebut bisa muncul ke monitor karena ada semacam pelat kecil yang ditempelkan di dada tepat di atas jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini