Sukses

Suasana Hati Ternyata Bisa Bantu Usir Flu

Penelitian menemukan, mendapatkan vaksin flu saat mood sedang baik ternyata lebih ampuh.

Liputan6.com, Jakarta Bila ingin melawan flu, ada baiknya Anda mendapatkan suntikan vaksin flu hanya saat mood Anda sedang yang baik.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal Brain, Behavior, and Immunity menunjukkan imunisasi flu akan lebih efektif bila mood seseorang dalam keadaan baik, dilansir dari Huffington Post, Jumat (29/9/2017). Penelitian membuktikan bahwa mood positif terkait dengan level antibodi influenza seseorang lebih tinggi - yang membuat seseorang akan lebih terlindungi dari flu tersebut.

Penelitian ini mengukur mood positif dan negatif, diet, olahraga, dan juga kebiasaan tidur dari 138 partisipan usia 65 sampai 85 tahun. Pada penelitian ini, mood positif dikatakan menjadi faktor terbesar suntikan berfungsi pada seseorang.

Walau penelitian ini dilakukan pada orang yang berusia lanjut, imunitas akan lebih bekerja pada seseorang yang mempunyai level stres yang rendah, dan juga tergantung pada aktivitas fisik dan diet seseorang, sudah menjadi rahasia umum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara tetap senang saat disuntik

Oleh karena itu, ada baiknya Anda tetap menjaga agar diri tetap pada keadaan tenang setiap akan mendapatkan suntikan flu. Bagi seseorang yang mudah panik, ada baiknya melakukan latihan menarik napas panjang sebelum masuk ke ruang pemeriksaan dokter. Hal ini akan membuat seseorang lebih tenang saat dokter melakukan pemeriksaan.

Mengalihkan wajah dari suntikan jarum juga dapat mengurangi rasa cemas seseorang. Kecemasan juga dapat dihindari dengan mencari fokus lain dalam ruang pemeriksaan sehingga pikirian tidak terfokus pada jarum.

Mendapatkan dukungan dari orang lain saat mengunjungi dokter juga dapat membuat Anda lebih tenang, selain mempersiapkan fisik Anda dengan mengkonsumsi makanan yang baik dan minum air yang cukup sebelum datang ke klinik. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.