Sukses

Apa Saja Alat Medis dalam Foto Viral Setya Novanto?

Terlepas dari ada atau tidaknya kejanggalan kondisi Setya Novanto, mari lihat ada alat medis apa saja yang tampak dalam foto.

Liputan6.com, Jakarta Foto politikus Setya Novanto (Setnov) yang berada di sebuah ruangan rumah sakit, kini jadi bahan perbincangan masyarakat di dunia maya. Ada yang mengatakan banyak kejanggalan di dalamnya.

Terlepas dari ada atau tidaknya kejanggalan kondisi Setya Novanto dalam foto tersebut, mari lihat ada alat medis apa saja yang tampak di dalamnya.

1. Monitor

Banyak warganet menyebut, alat medis di sisi paling kanan Setyo Novanto tersebut adalah EKG. Menurut dokter spesialis jantung Antonia Anna Lukito, itu bukan mesin EKG, melainkan monitor.

"Itu monitor aja. Di dalam monitor itu paling atas itu untuk lihat EKG (untuk mengetahui aktivitas jantung), nadi, tensi, dan oksigen. Jadi ada empat," kata Anna saat bertemu di kawasan Senayan, Jakarta pada Kamis (28/9/2017).

Biasanya, monitor seperti ini berada di ruangan IGD dan intensif. Ruang intensif bisa ICU, ICCU, dan HCU.

2. Syringe pump

Ini adalah alat untuk mengatur tetesan infus ke pasien. Kalau kantong infus yang berada di atas itu kosong, akan berhenti sendiri.

3. Alat bantu napas

Banyak orang bertanya-tanya tentang alat seperti masker namun dengan dua bagian pada dahi dan hidung dalam foto Setya Novanto.

"Itu alat bantu napas, agar lebih baik," kata Anna.

Dokter berkacamata ini enggan memberitahu mengenai indikasi dan kegunaan alat bantu napas tersebut pada kasus Setya Novanto. "Tidak tahu, karena saya tidak ikut merawat ya," tutupnya.

Soal kejanggalan perawatan yang banyak dipertanyakan pun, Anna tak berkenan memberi komentar.   

 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.