Sukses

Mengingat Hal Bahagia, Jurus Ampuh Lawan Stres

Penelitian baru menunjukkan ada trik sederhana untuk membersihkan pikiran negatif yang berujung stres, yaitu dengan mengingat hal bahagia.

Liputan6.com, Jakarta Ketika hati tengah gelisah tak menentu dan alami stres, yoga atau meditasi sangat bagus untuk mendapatkan endorfin yang mengalir. Seringkali kita terjaga sepanjang malam karena merasa tak bahagia dan memikirkan hal negatif.

Penelitian baru menunjukkan ada trik sederhana untuk membersihkan pikiran negatif. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Human Behavior, para psikolog menemukan bahwa memikirkan masa lalu yang membahagiakan, secara aktif dapat mematikan respons stres tubuh.

Studi tersebut menempatkan dua kelompok subjek dalam serangkaian situasi yang penuh tekanan. Kelompok pertama diberi tahu untuk mengingat kenangan bahagia, sementara yang kedua diminta mengingat sesuatu yang netral dari masa lalu mereka. Dari kelompok pertama ditemukan suasana hati jauh lebih bahagia daripada yang kedua. Mereka juga mampu mengurangi tingkat hormon stres kortisol.

Penelitian sebelumnya menyoroti kekuatan nostalgia yang ada di pikiran. Profesor Psikologi Sosial dan Kepribadian, Constantine Sedikides, dari University of Southampton dan Peneliti Senior, Dr Tim Wildschut, membangun keseluruhan program penelitian tentang bagaimana nostalgia dapat digunakan sebagai alat melawan kecemasan dan depresi.

 

Simak video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saat pekerjaan menumpuk, ingatlah sesuatu yang bikin bahagia

Berbicara kepada Guardian, Profesor Sedikides mengungkapkan bahwa kenangan positif yang bermakna, seperti lirik lagu dapat membantu meningkatkan tingkat optimisme, inspirasi, dan kreativitas. Seperti yang dikutip dari laman Sheerluxe, Kamis, (28/9/2017).

Dia berteori bahwa nostalgia adalah mekanisme pertahanan neurologis yang dibangun dan secara aktif bekerja untuk melindungi kita terhadap pikiran dan situasi negatif. Ini bahkan bisa membantu memperkuat hubungan dengan meningkatkan empati dan membantu Anda menciptakan ikatan yang lebih bermakna.

Beban kerjaan yang menumpuk dapat mengakibatkan stres berlebih. Maka, luangkan waktu sebentar untuk mengingat sesuatu yang dapat membuat Anda bahagia, sehingga pikiran negatif dapat teralihkan.

(Michelle Tania)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.