Sukses

5 Benda yang Lebih Banyak Bakteri Dibanding Dudukan Toilet

Bakteri juga tersimpan di 5 benda yang sangat dekat dengan kita.

Liputan6.com, Jakarta Barang yang sering kita pegang setiap hari ternyata menyimpan bakteri yang jumlahnya tidak sedikit. Sebagian dari kita mungkin berpikir, toilet umum merupakan tempat yang memiliki banyak bakteri, tapi pemikiran ini ternyata salah.

Benda apa saja yang memiliki jumlah bakteri lebih besar dari toilet umum? Berikut daftarnya, seperti yang dilansir dari situs The Health Site, Rabu (27/9/17).

1. Ponsel

Ponsel diketahui memiliki bakteri 10 kali lebih banyak dari pada toilet. Membersihkannya secara teratur penting. Sebab, kemungkinan terjadinya infeksi pada mulut cukup tinggi karena terkena bakteri pada ponsel.

2. Tisu dapur dan spons

Kedua barang ini memiliki sepuluh juta bakteri per inci persegi dan diketahui 2 juta kali lebih kotor daripada tempat duduk toilet. Mereka bisa sangat memengaruhi kesehatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Meja kantor

Sebuah studi yang dilakukan mengungkapkan bahwa meja kantor memiliki bakteri 400 kali lebih banyak daripada tempat duduk toilet. Virus influenza pun paling sering ditemukan di meja kantor.

4. Buku menu restoran

Buku menu merupakan barang yang sering kali tidak dibersihkan, dan karenanya memiliki banyak bakteri pada benda tersebut.

Bila dibandingkan dengan tempat duduk toilet, buku menu restoran memiliki bakteri 10 kali lebih banyak.

3 dari 3 halaman

5. Keyboard

Kemungkinan besar Anda tidak pernah membersihkan perangkat keras satu ini. Keyboard diketahui membawa 200 kali lebih banyak bakteri daripada tempat duduk toilet. Karena itu, bersihkan keyboard Anda sesering mungkin. (Michelle Tania)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.