Sukses

Tiru Kebiasaan Sehat Orang Jepang supaya Panjang Umur

Liputan6.com, Jakarta Lagi-lagi Jepang menorehkan prestasinya pada angka harapan hidup penduduknya. Belum lama ini, pemerintah Jepang mengungkap untuk pertama kalinya soal peningkatan jumlah penduduk lanjut usia.

Ternyata, ada lebih dari dua juta orang di atas 90 tahun dari total sekitar 127 juta penduduk di negeri Sakura. Sementara itu, jumlah penduduk lanjut usia di negara ini hanya sekitar 35 juta orang.

Lalu, apa ya rahasia umur panjang penduduk Negara Matahari Terbit ini? Mengutip Telegraph, Rabu (27/9/2017) berikut di antaranya:

1. Diet sehat dan seimbang

Masyarakat Jepang gemar mengonsumsi ikan, biji-bijian, sayuran, tahu, dan buah-buahan. Mereka tidak terlalu gemar makanan cepat saji seperti burger atau hot dog.

Tak heran jika jumlah orang obesitas di Jepang hanya 3,5 persen dari total penduduk. Bandingkan dengan Inggris, penduduk alami obesitas mencapai 24,9 persen.

2. Sistem kesehatan

Selain pola makan sehat dan seimbang, Jepang memiliki sistem kesehatan terbaik di dunia. Pemerintah di sana menggabungkan pengetahuan medis dengan peralatan canggih, sehingga mampu meningkatkan kesehatan penduduknya.

Pemerintah juga bertindak aktif dalam upaya pencegahan penyakit. Misalnya saja dalam kasus kesehatan mental. Pemerintah Jepang berhasil melakukan upaya pencegahan bunuh diri. Terjadi penurunan jumlah bunuh diri pada tahun 2012 di bawah 30 ribu kejadian.

3. Rajin bergerak

Walau zaman sudah modern, anak-anak di Jepang tetap diajari orangtua untuk aktif bergerak. Misalnya berjalan kaki atau bersepeda saat berangkat ke sekolah. Pada tahun 2012 saja, ada sekitar 98 persen anak-anak Jepang yang bersepeda atau jalan kaki ke sekolah.

4. Gen

Ada beberapa studi yang menyebut orang Jepang memiliki gen panjang umur. Gen-gen yang ada membantu individu tidak rentan terkena penyakit seperti diabetes dan stroke.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Artikel Selanjutnya
Daftar Negara dengan Penduduk Paling Panjang Umur, Ada Indonesia?
Artikel Selanjutnya
Dulu Gemuk, Postur Mantan Personel Boyband Ini Bikin Pangling