Sukses

Ketahui Masalah Kesehatan Seseorang dari Letak Jerawat

Jerawat di tempat berbeda dapat mengungkap penyebab jerawat dan kondisi kesehatan seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki letak jerawat yang berbeda-beda. Sebagian orang mengeluh jerawat yang tersebar di wilayah pipi, sedangkan lainnya mengeluh memiliki jerawat di wilayah dahi. Ternyata, letak jerawat bisa mengungkap kondisi kesehatan seseorang.

Mengutip laman Step to Health, Rabu (27/9/2017), meski jerawat memiliki penyebab yang berbeda, namun jerawat juga bisa menunjukkan gejala berbagai penyakit.

Seringkali jerawat terjadi karena kurang cukupnya perawatan kulit atau kelebihan minyak pada kulit. Namun, jerawat ini juga bisa mengungkapkan bahwa ada sesuatu yang lain terjadi di dalam tubuh kita.

1. Jerawat yang terletak di area dagu, ujung rahang, dan leher

Jerawat di dagu, rahang, atau leher bisa mengindikasikan bahwa Anda sedang atau akan segera menstruasi. Seringkali ini terjadi selama siklus hormonal pada periode menstruasi. Hal ini disebabkan kelenjar menghasilkan lebih banyak minyak dan ini bisa menyumbat pori-pori.

Cara terbaik untuk mengobati ini adalah dengan menerapkan perawatan anti jerawat ke daerah yang terkena, sebaiknya obati sebelum periode menstruasi. Jika masalahnya menjadi kronis, disarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter kulit sehingga mendapatkan pengobatan tepat.

2. Komedo atau jerawat di garis rambut

Jika Anda memiliki jerawat di wilayah ini, mungkin saja Anda memakai produk rambut terlalu dekat dengan kulit atau Anda telah menyentuh area ini dengan tangan kotor. Hal ini terjadi karena jenis produk ini mengandung bahan yang bisa menyumbat pori-pori sehingga menghasilkan jerawat dan benjolan.

Solusinya, kurangi penggunaan jenis produk ini dan lebih berhati-hati saat Anda ingin menerapkannya dan hindari kontak langsung dengan kulit.

3. Jerawat di pipi

Dalam kebanyakan kasus ini disebabkan oleh beberapa bentuk bakteri atau kotoran. Bakteri atau polutan ini bisa berasal dari tangan Anda atau bahkan telefon Anda. Untuk mencegahnya, cuci tangan Anda sesering mungkin atau gunakan beberapa jenis gel anti bakteri untuk membuatnya tetap bersih.

Penting juga untuk sering membersihkan telefon Anda, karena percaya atau tidak, penelitian telah menunjukkan bahwa telefon selular bisa memiliki lebih banyak mikroorganisme dibandingkan toilet umum.

Saksikan video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Jerawat di sekitar mulut

Anda mungkin makan banyak makanan berlemak atau asam. Jenis jerawat ini terjadi karena sisa-sisa makanan asam menyebabkan iritasi, misalnya akibat lemon atau cuka. Selain itu, jerawat di area ini juga sering terjadi akibat konsumsi makanan berlemak seperti kentang goreng, keripik kentang, kue, atau burger. Jenis makanan ini menyumbat pori-pori dan dengan demikian menciptakan masalah jerawat.

Solusinya, Anda harus benar-benar membersihkan semua sisa makanan yang tertinggal di sekitar mulut setelah makan. Gunakan kain yang lembab saat membersihkan.

5. Jerawat di zona T

Jerawat dan komedo yang terjadi di "Zona T" yang meliputi dahi dan hidung, mungkin disebabkan oleh stres. Saat kita mengalami stres atau merasakan banyak tekanan, tubuh kita melepaskan adrenalin untuk meningkatkan produksi minyak, yang pada gilirannya menyebabkan terbentuknya benjolan, jerawat, dan komedo.

Solusinya, hindari situasi stres dan jalani hidup dengan santai.

6. Jerawat di bagian punggung atau dada

Dalam hal ini, jerawat tidak mencerminkan sesuatu yang melibatkan kesehatan internal kita, namun ini mungkin mengindikasikan bahwa kita menggunakan kemeja atau bra yang tidak sesuai.

Menurut beberapa ahli, jerawat di bagian punggung atau dada bisa disebabkan oleh penggunaan kain katun yang menyerap keringat dan menciptakan lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan bakteri.

Solusinya, hindari penggunaan kaos dan blus yang sangat ketat, terutama jika terbuat dari katun. Selain itu, hindari menggunakan bra yang pas. Rekomendasinya adalah menggunakan kain bahan spandek atau microfiber.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih.

    Jerawat

Video Terkini