Sukses

5 Aktivitas yang Tingkatkan Keberhasilan Terapi Kanker Payudara

Saat pengobatan kanker payudara, ada beberapa aktivitas yang mungkin mampu meningkatkan keberhasilan terapi medis yang dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Saat seorang wanita didiagnosis kanker payudara pasti akan terasa berat. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan terapi sembari melakukan pengobatan medis kanker payudara.

Berikut beberapa hal yang terbukti bisa meningkatkan keberhasilan pengobatan terapi medis kanker payudara. Mulai dari tetap menjalankan aktivitas fisik hingga yoga seperti mengutip Time, Rabu (27/9/2017).

1. Aktivitas fisik

Walau sakit kanker payudara, bukan berarti berhenti melakukan berolahraga. Aktivitas fisik seperti jalan kaki bermanfaat bagi kesehatan wanita yang sedang menjalani pengobatan kanker payudara seperti disampaikan Director Program for Young Women with Breast Cancer di Dana-Farber Cancer Institute, Ann Partridge.

"Ini bukan berarti melakukan marathon atau bikram yoga. Cukup berjalan kaki tiga sampai lima kali seminggu bisa membuat perubahan besar dalam stamina dan perasaan saat seseorang menjalani pengobatan," kata Partridge.

2. Makan sehat

Orang yang mengonsumsi buah dan sayur terbukti memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara. Studi menunjukkan, orang yang mengonsumsi buah dan sayur, risiko terkena kanker payudara menurun hingga 15 persen.

Mengonsumsi makanan sehat juga membantu pengobatan kanker payudara seperti disampaikan Partridge. "Bukan berarti Anda minum jus atau mengonsumsi makanan organik. Yang penting jangan berlebihan mengonsumsi karbohidrat dan makanan-makanan tinggi gula lainnya," katanya. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yoga dan meditasi

3. Yoga

Sekitar 80 persen pasien kanker di Amerika Utara menggunakan terapi gabungan dalam pengobatan. Salah satunya dengan yoga. Sebuah studi membuktikan rutin melakukan yoga membantu efek samping pengobatan kanker.

Studi lainnya yang dilakukan peneliti Ohio State Universeity melakukan studi terhadap 200 penyintas kanker payudara. Mereka diminta untuk berlatih yoga secara rutin. Hasilnya mereka jadi tidak mudah lelah dan peradangan pada tubuh lebih rendah dibandingkan yang tidak melakukan yoga.

4. Meditasi

Saat seseorang sedang menjalani pengobatan kanker payudara, emosi terkadang tidak stabil. Itu sebabnya penting menjalankan meditasi."Selain merawat fisik, penting juga menjaga pikiran," kata Partridge.

Hasil studi di 2014 menunjukkan meditasi efektif untuk mengatasi gangguan suasana hati saat wanita baru didiagnosis kanker payudara.

5. Waktu pengobatan

Sebuah studi di 2014 mengungkapkan, pengobatan kanker termasuk kanker payudara mungkin lebih efektif di malam hari. Pada malam hari, ada proses tertentu di tubuh sehingga lebih efektif mendapatkan pengobatan. Namun, studi yang dilakukan peneliti dari Weizmann Institute of Science Israel ini masih tahap awal pada tikus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini