Sukses

Resep Ramuan Kunyit Penambah Nafsu Makan Anak

Liputan6.com, Jakarta Banyak ramuan herbal yang baik untuk menyembuhkan segala jenis penyakit, termasuk menambah nafsu makan. Salah satu tumbuhan obat yang memiliki efek farmakologi yang bagus untuk anak adalah kunyit.

Kunyit memiliki kemampuan meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Kurkumin pada kunyit memiliki kemamputan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kunyit juga bisa menurunkan tekanan darah, mengobati diare, sakit lambung, rematik, usus buntu, dan asma.

Khusus anak yang mengalami kesulitan makan, dr. Prapti Utami MSi menganjurkan orangtua untuk membiasakan membuat ramuan kunyit untuk buah hati. Tak hanya itu, menurut dokter, herbal ini juga bisa meningkatkan enzim pencernaan. Pemberian kunyit secara teratur, bisa menghindarkan anak dari radang dan meningkatkan daya tahan tubuh.

"Tanaman obat yang paling dicari orang adalah kunyit. Ramuannya bisa bantu redakan anak yang demam, nyeri di perut, dan antiseptik untuk anak yang sariawan. Lebih bagus lagi untuk menambah nafsu makan anak," tutur dokter yang terkenal ramah dan humoris ini.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

Cara menyajikan ramuan kunyit ke anak

Dokter yang rajin menulis buku, salah satunya berjudul Diet Aman dan Sehat dengan Herbal, memberi tips cerdas bagaimana membujuk anak untuk rutin meminum ramuan kunyit. Bagaimana cara penyajiannya? 

"Potong rimpang kunyit sebesar 1 hingga 2 jari. Lalu parut atau bisa juga diperas pakai kain. Kasih garam sedikit lalu minumkan ke anak sebelum si Kecil mau tidur," jelas praktisi herbal medik ini.

Dokter Mamiek, sapaan akrabnya, juga memberi alternatif lain pembuatan kunyit, yaitu dengan digeprek.

"Caranya, rebus air 1,5 sampai 2 gelas. Tunggu sampai airnya mendidih. Masukkan geprekan kunyit tersebut ke panci kemudian ditutup. Kecilkan api kompornya dan diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu, baru disaring. Boleh ditambah madu, tapi sebaiknya tunggu rebusan kunyit itu sampai adem," ujarnya. 

Ramuan kunyit tersebut bisa menambah nafsu makan pada anak, jelas dr Mamiek. Anda siap mencoba?

Artikel Selanjutnya
Segarnya Es Krim 3 Rasa Tanpa Bikin Gemuk
Artikel Selanjutnya
Tingkatkan Gairah Bercinta dengan Makanan Ini