Sukses

Tak Perlu Obat, 5 Bahan Alami ini Bisa Atasi Nyeri

Jangan buru-buru gunakan obat, ada banyak bahan alami yang bisa mengatasi nyeri.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang sering mengatasi rasa nyeri atau sakit dengan obat penghilang nyeri, misalnya paracetamol. Padahal ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan nyeri, salah satunya menggunakan bahan alami.

Mengutip laman Boldsky, Selasa (26/9/2017), nyeri disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, nyeri kepala yaitu disebabkan oleh stres atau kram kaki yang disebabkan oleh otot yang tegang. Selain itu, nyeri juga bisa terjadi saat seseorang terlalu lama duduk atau terlalu lama berdiri.

Untuk mengatasi rasa nyeri, beberapa bahan alami ini bisa membantu Anda.

1. Jahe

Jahe memiliki anti inflamasi yang berkhasiat meredakan radang sendi, sakit kepala, kram menstruasi dan nyeri lainnya.

Anda dapat mengonsumsi jahe segar, teh jahe, maupun kompresan jahe untuk meredakan nyeri.

2. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa alami yang disebut curcumin yang berfungsi menurunkan kadar dua enzim dalam tubuh yang menyebabkan peradangan.

Kunyit juga memiliki khasiat antiinflamasi dan membantu memperbaiki sirkulasi darah serta mencegah pembekuan darah. Ini membantu meringankan rasa sakit pada keseleo, memar, dan radang sendi.

3. Daun mint

Daun mint merupakan penghilang rasa sakit alami seperti sakit gigi, rasa tidak nyaman akibat kelebihan gas dalam pencernaan, iritasi kulit, nyeri kepala dan nyeri otot.

Daun mint bekerja dengan memberikan efek dingin dan meredakan bengkak dan nyeri.

 

Saksikan video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh dapat mengatasi nyeri terutama nyeri saat mengalami sakit gigi. Untuk mengatasi nyeri tenggorokan, campurkan beberapa tetes minyak cengkeh dalam segelas air hangat dan berkumurlah.

Selain itu, minyak cengkeh juga dapat digunakan untuk memijat otot dan meredakan nyeri sendi.

5. Bantal hangat

Terapi penghilang nyeri juga bisa dilakukan dengan bantal hangat. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan aliran penyembuhan oksigen dan nutrisi ke daerah yang nyeri untuk mengatasi rasa sakit. Anda bisa memanaskan bantal hangat dan menggunakannya sebagai alas pemanas alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini