Sukses

Hamil Muda Seperti Kylie Jenner, Berbahaya?

Liputan6.com, Jakarta Bukan kesehatan reproduksi yang mesti dikhawatirkan dari perempuan yang hamil di usia muda kayak Kylie Jenner. Akan tetapi, psikologis dari perempuan belia itu yang harus diperhatikan.

"Menikah muda atau tidak menikah mudah itu sebenarnya tidak ada efek yang merugikan, kecuali ekonomi dia sulit. Sebab, ekonomi sulit itu punya dampak pada perceraian," kata Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Brawijaya Hospital and Clinic, Firman Santoso, Dr Med, SpOG di Senayan City pada Senin, 25 September 2017.

Dalam hal penyakit, Firman meyakini tidak ada efek samping yang ditimbulkan dari menikah muda. "Organnya reproduksinya sudah siap. Once kamu akil balik, kamu sudah bisa bereproduksi," kata Firman menekankan.

Hanya saja, tetap harus waspada terhadap penyakit preeklampsia yang risiko meningkat karena menikah dan hamil muda. "Kalau untuk kanker, enggak. Lebih kepada efek psikologi dan ekonomi," kata Firman menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.