Sukses

Robot di Tiongkok Sukses Lakukan Operasi Gigi pada Pasien

Di Tiongkok, operasi gigi menggunakan robot sukses dilakukan, robot pun akurat dan mampu memasuki ruang-ruang kecil di gigi.

Liputan6.com, Tiongkok Jika biasanya operasi gigi dilakukan para dokter, baru-baru ini di Tiongkok, robot sukses melakukan operasi gigi pada pasien yang hidup. Penggunaan robot dalam operasi gigi tercatat sebagai operasi implan pertama yang sukses.

Ini bisa mengubah cara operasi gigi yang dilakukan di Tiongkok, dikutip dari Tech Times, Selasa (26/9/2017). Seorang pasien wanita pun berani menjalani operasi gigi dengan robot. 

Saat operasi gigi berlangsung, robot tersebut mampu melakukan operasi gigi baik. Bahkan robot bisa mengoperasi gigi wanita dengan mengganti dua giginya dengan implan gigi.

Sebelum operasi dimulai, para staf memasang peralatan untuk memprogram robot. Robot didekatkan ke pasien. Program yang dimasukkan ke robot berupa posisi yang tepat untuk mengoperasi gigi.

Misal, sudut dan kedalaman yang diperlukan agar dua gigi implan model 3D bisa dipasang ke gigi pasien wanita. Staf rumah sakit juga menguji gerakan penyesuaian terhadap robot, sebelum pasien diberikan anestesi dan dioperasi.

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu operasi yang cepat

Selama operasi, robot tersebut tampil mengagumkan. Robot mampu menyesuaikan diri dengan gerakan pasien. Operasi gigi berhasil diselesaikan dalam waktu sekitar satu jam tanpa intervensi dari staf medis.

"Operasi berjalan sangat lancar," kata Dr Zhao Yimin, spesialis rehabilitasi terkemuka dari afiliasi Fourth Military Medical University, Stomatological Hospital.

Robot yang melakukan operasi gigi ini dikembangkan para ahli dari Beihang University di Beijing dan Fourth Military Medical University di Xian. Menurut Dr Zhao, robot diciptakan dengan menggabungkan keahlian teknologi dan ilmu kedokteran gigi.

Salah satu keuntungan terbesar dari operasi gigi robotik adalah keakuratan. Robot mengurangi kemungkinan kesalahan yang bisa dilakukan manusia.

Robot juga bergerak dengan sempurna di ruang kecil di dalam mulut, yang mungkin sulit ditangani dokter gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.