Sukses

Jauhkan 9 Minuman Ini dari Anak Anda

Liputan6.com, Jakarta Perubahan gaya hidup saat ini tentu membuat semua orang tua harus bertindak lebih hati-hati ketika memberikan makanan atau minuman ke Anak. Anda harus menyadari bahwa ada efek buruk dalam makanan atau minuman yang ada saat ini seperti: obesitas, kecanduan, dan sebagainya.

Sebagian orangtua termasuk Anda mungkin mengambil kebiasaan masa kecil dahulu untuk diterapkan ke anak. Jika kita terbiasa dengan hal itu, kita akan sangat sulit mengubah kebiasaan tersebut. Ada baiknya, Anda mulai mengubah pola dalam mendidik anak-anak tentang efek buruk dari konsumsi zat-zat tidak sehat, meskipun itu lezat bagi anak-anak Anda.

Berikut ini minuman yang sebaiknya tak Anda berikan kepada anak, seperti dilansir dari Boldsky. Senin (25/9/2017).

Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman sumber kafein. Saat ini, anak Anda dapat dengan mudah mengonsumsi kafein melalui sumber lain seperti es krim atau soda. Jadi, Anda tidak perlu menuruti keinginan anak untuk minum kopi. Keinginan Anak untuk minum kopi, dapat Anda ganti dengan minuman sehat seperti susu.

Teh

Sama seperti kopi, Anda juga dapat menghilangkan teh dari daftar minuman yang Anda sajikan. Jika Anda masih ingin anak-anak Anda menikmati teh, Anda dapat memberinya teh hitam atau teh hijau. Dan akan lebih baik lagi, bila Anda menyajikannya tanpa pemanis.

Minuman bersoda

Sebagian besar anak-anak saat ini sudah mengonsumsi minuman ringan atau soda yang tidak sehat. Tetapi, Anda sebagai orang tua tidak boleh membiarkan ini. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang telah mengonsumsi soda sejak kecil akan terus minum sampai dirinya tumbuh dewasa karena sifatnya yang sedikit adiktif. Hal ini akan meningkatkan risiko gangguan tertentu seperti obesitas dan diabetes. 

1 dari 3 halaman

Minuman berenergi dan jus buah

Minuman berenergi

Minuman berenergi tidak begitu sehat untuk Anda, bahkan untuk orang dewasa. Kadar kafein yang terkandung dalam minuman akan menyebabkan bahaya buat anak Anda. Kandungan dalam minuman ini akan memengaruhi pola tidur anak dan tidak baik dikonsumsi dalam waktu lama.

Jus buah manis

Jika Anda khawatir dengan kesehatan anak-anak Anda, maka lebih baik memberi mereka jus buah segar tanpa pemanis. Gula yang ditambahkan tidak baik untuk anak-anak bahkan untuk orang dewasa.

 

2 dari 3 halaman

Jus botol dan milkshake

Jus botol

Bila Anda ingin membiarkan anak Anda menikmati jus buah, Anda dapat menggunakan buah segar dan menyiapkan jus di rumah. Hindari untuk mencamtumkan jus botol dalam daftar belanjaan Anda.

Milkshake

Mengapa milkshakes termasuk dalam daftar minuman yang kurang baik? Milkshake mengandung banyak gula dan lemak jenuh yang tinggi. Jadi, hindari milkshake saat anak Anda masih terlalu kecil.

Minuman bersoda

Mereka bersoda adalah minuman terburuk untuk gigi Anda. Minuman ini mengandung banyak gula dan bersifat asam yang mampu merusak gigi Anda.

Minuman pinggir jalan

Minuman ini berbahaya karena mengandung zat beracun tertentu dan pewarna buatan yang tak sehat, meskipun tampilan dan rasanya disukai anak-anak. Jadi pastikan, anak-anak Anda tidak mengonsumsi minuman ini.

Artikel Selanjutnya
6 Makanan Kecil yang Bantu Bikin Tubuh Langsing
Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya