Sukses

Tips Cerdas Berolahraga untuk Pemula

Jika Anda berencana untuk mulai berolahraga untuk pertama kalinya, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut.

Liputan6.com, Jakarta Menurunkan berat badan dan menjaga badan agar tetap sehat dengan berolahraga lebih penting dibanding hanya sekadar mengikuti gaya hidup.

Gaya hidup yang tidak sehat akan meningkatkan resiko penyakit jantung, diabetes dan lainnya. Namun, berolahraga setiap hari bukanlah kebiasaan yang mudah dibangun.

Jadi, jika Anda berencana untuk mulai berolahraga untuk pertama kalinya, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar tetap berada di jalur yang benar dalam mencapai kebugaran yang diinginkan seperti dilansir dari Boldsky, Senin (25/9/2017).

1. Pilih sepatu yang tepat

Sepasang sepatu atletik yang tepat akan membantu Anda untuk memulai berolahraga. Sepatu yang memiliki shock absorption akan mengurangi tekanan berlebihan pada kaki Anda sehingga memperkecil terjadinya ketegangan otot dan cedera.

2. Pakaian olahraga yang nyaman

Ketika Anda memilih pakaian olahraga, Anda bisa mengutamakan fungsi dibanding estetika pakaian. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini perusahaan pakaian olahraga sudah mempertimbangkan keduanya. Anda dapat memilih pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik sehingga bisa mencegah infeksi jamur.

Dan jika Anda seorang wanita, Anda disarankan untuk memilih BH olahraga yang bagus. BH yang olahraga yang bagus diharapkan mampu menopang payudara sehingga tidak mengganggu Anda saat bergerak dan sekaligus menghindari sakit punggung.

3. Seminggu 2 kali

Anda dapat memulai olahraga dengan 2 kali latihan setiap minggunya. Anda mungkin berpikir, apa gunanya? Tapi keseluruhan konsep ini akan membuat Anda terbiasa sebagai pemula.

Jadi, pilihlah dua hari dalam seminggu (sesuai dengan kenyamanan Anda), dan berolahraga setidaknya selama setengah jam pada hari-hari itu. Anda dapat meningkatkannya menjadi 3 hari (dan kemudian 4hari) setelah terbiasa.

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cari teman

4. Waktu yang tepat

Waktu yang tepat adalah waktu yang sesuai dengan kemampuan Anda untuk berolahraga, setiap orang berbeda-beda. Anda bisa memilih waktu yang paling Anda suka dan bisa rutin melakukannya. Anda tidak disarankan memilih waktu saat Anda biasanya lelah. Hal ini akan membuat anda malas dan ingin melewatkan latihan.

5. Cari teman

Anda bisa mencari teman berolahraga untuk saling mengingatkan, memberi motivasi dan saling bertanggungjawab terhadap rutinitas yang sudah disepakati bersama. Dan jika Anda tidak memiliki teman latihan, mintalah teman untuk mengingatkan rutinitas latihan Anda.

 

3 dari 3 halaman

Eksperimen

6. Bereksperimen dengan berbagai jenis latihan

Anda tentu lebih senang melakukan apa yang Anda suka daripada yang tidak Anda suka. Untuk pertama kalinya, Anda bisa mencoba berbagai jenis olahraga seperti Zumba, kickboxing, yoga, dan gym, sampai Anda menemukan yang paling disukai. Setelah Anda menemukannya, Anda harus mematuhi komitmen untuk berolahraga.

7. Belilah peralatan

Suatu saat, Anda mungkin tidak dapat berolahraga di luar rumah atau tempat latihan terlalu jauh dari rumah dan Anda malas ke sana. Anda bisa mengantisipasinya dengan seperangkat peralatan olahraga di rumah sehingga tetap bisa berolahraga dengan rutinitas sederhana.

Anda bisa membeli peralatan sederhana seperti : dua set dumbel (satu ringan dan satu sedikit lebih berat), tali melompati dan matras latihan untuk membantu Anda melakukan sit-up yang nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.