Sukses

5 Hal di Rumah yang Bisa Ganggu Kelenjar Tiroid

Zat kimia berbahaya yang terdapat pada beberapa peralatan rumah tangga bisa mengganggu kelenjar tiroid.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini gangguan tiroid kembali banyak dibahas. Salah satunya, karena supermodel Gigi Hadid mengumumkan dia memiliki permasalahan ini.

Membahas tentang tiroid, mau tak mau juga akan membahas tentang zat kimia anti lengket. Yang artinya, kita harus memastikan seluruh sudut rumah bebas dari sumber tersembunyi zat-zat kimia tersebut.

Dalam studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Epidemology, para ilmuwan menemukan. lebih dari 10 persen orang terpapar air minum yang mengandung perfloroctanoic acid (PFOA), dilaporkan memiliki masalah tiroid.

Setelah meneliti lebih dari 30 ribu orang--dengan cara membandingkan kadar zat kimia tadi dalam darah dan lama terpapar dalam hubungannya dengan permasalah tiroid--peneliti bisa mengatakan, mereka yang terpapar PFOA lebih tinggi diasosiasikan dengan masalah tiroid.

PFOA adalah salah satu zat kimia anti lengket bermasalah yang masuk ke dalam kelas senyawa perfluorinated, suatu kelompok zat kimia yang mengandung flouride dengan properti unik yang bisa membuatnya anti lengket dan tahan noda.

Masalahanya adalah, senyawa ini tidak gampang terurai, dan bisa ditemukan tersisa di dalam tubuh. Selain penyakit tiroid, senyawa ini juga bisa dihubungkan denga kanker, kemandulan, cacat lahir, dan melemahanya sistem imun.

Melansir Prevention, Senin (25/9/2017) berikut perangkat rumah yang bisa mengandung zat kimia anti lengket yang bisa menggangu kelenjar tiroid:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Panci dan wajan

Memang enak jika Anda tidak harus menyikat perangkat masak setelah memasak. Sayangnya, semua goresan dan cuilan pada perangkat masak anti lengket Anda berarti, zat kimia anti lengket tadi masuk ke dalam makanan.

Gantilah perangkat masak dengan panci atau wajan yang terbuat dari besi, kaca, atau stainless steel. Walau lebih repot, setidaknya Anda dan keluarga jadi lebih sehat.

2. Perangkat anti hujan

Zat kimia anti lengket memiliki sifat tahan air. Hal itulah yang membuat mereka banyak digunakan sebagai bahan perangkat anti hujan, seperti jas hujan, payung, dan sepatu boots.

Untuk lebih aman, mulai sekarang gunakanlah jaket yang mengandung polyurethane. Perangkat anti hujan yang dibalut wax, atau boots yang terbuat dari karet asli adalah pilihan sehat yang sekarang semakin populer.

3 dari 4 halaman

3. Piring kertas

Setiap tahunnya, 64 miliar gelas dan piring kertas dibuang. Selain faktor sampah, piring dan gelas kertas juga mengandung zat kimia anti lengket--yang berfungsi mencegah bocor.

Sebaiknya gunakanlah perangkat makan biasa, walau lebih repot, tapi lebih sehat.

4. Sampo

Zat kimia anti lengket ini ternyata bahkan bisa bersembunyi dalam produk perawatan tubuh Anda. Untungnya, tidak seperti pada pakaian atau perabotan, produk perawatan tubuh harus memiliki daftar komposisi.

Pastikan Anda mengecek daftar komposisi dari setiap produk kecantikan yang Anda beli. Hindari produk yang mengandung zat kimia apapun yang namanya dimulai dengan perfluoro.

4 dari 4 halaman

5. Debu rumah

Sehati-hati apapun usaha Anda untuk menyingkirkan barang-barang dengan produk PFOA, zat kimia ini bisa jadi masih ada di udara. Saat ini sangat banyak produk yang menggunakan zat kimia anti lengket tersebut, yang kemudian bercampur dengan debu rumah.

Untuk memastikan rumah Anda tetap sehat, pastikan Anda memililki penyedot debu dengan HEPA filter dan gunakan secara teratur. Lalu, gunakanlah cairan pembersih non-toxic yang Anda buat sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.