Sukses

5 Trik Rumahan Atasi Hipertensi

Liputan6.com, Jakarta Tekanan darah tinggi atau hipertensi, terjadi ketika tekanan darah naik ke tingkat yang tidak sehat. Tekanan yang meningkat bisa menyebabkan masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung.

Hipertensi lebih seperti kondisi diam, dan gejalanya bervariasi pada individu. Mungkin butuh waktu bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun untuk mencapai tingkat yang cukup parah sehingga gejala menjadi jelas.

Penting untuk dicatat bahwa gejala ini tidak terjadi pada setiap orang dengan hipertensi, namun menunggu untuk melihat gejala kondisi ini bisa berakibat fatal. Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda memiliki hipertensi adalah dengan mendapatkan pembacaan tekanan darah secara teratur.

Sebelum memulai terapi obat, cobalah perubahan gaya hidup dan beberapa pengobatan di rumah untuk hipertensi. Tidak mengherankan, hal-hal seperti diet dan olahraga berperan besar dalam menurunkan tekanan darah. Berikut 5 cara alami untuk mengurangi tekanan darah tinggi, mengutip Pulse, Senin (25/9/2017):

1. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bahan pokok obat yang menangani berbagai macam penyakit; salah satunya adalah hipertensi, meski ada kekurangannya.

Allicin, senyawa organik mengandung belerang, bertanggung jawab atas beberapa manfaat kesehatan bawang putih, tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia saat dimakan mentah. Allicin relatif tidak stabil dan biasanya dinonaktifkan saat bersentuhan dengan zat dengan pH lebih rendah dari 3, seperti asam lambung kita.

Namun, bila dikonsumsi dalam bentuk tablet, ada hasil allicin yang terjamin memastikan Anda mendapatkan jumlah yang tepat untuk mendapatkan hasil yang solid saat menurunkan tekanan darah.

Pastikan saat mengonsumsi tablet ada pelepasan allicin dalam jumlah standar dan signifikan - dalam beberapa penelitian yang berkaitan dengan tekanan darah, 1.8 miligram per dosis menurunkan hipertensi hingga 10 persen dalam 12 minggu.

 

1 dari 4 halaman

2. Air kelapa

Air kelapa ditemukan di dalam tempurung kelapa hijau dan mentah yang mempertahankan manfaat alaminya dalam bentuk organik dan mentah.

Ini mengandung potassium dan magnesium, keduanya berhubungan dengan fungsi otot biasa, dan tentu saja, jantung adalah otot raksasa yang besar.

Meskipun ada beberapa studi terbatas mengenai efek air kelapa pada hipertensi, banyak orang melaporkan secara anekdot bahwa hal itu membantu menurunkan tekanan darah.

Dalam penelitian, tampaknya sangat mempengaruhi tekanan darah sistolik, atau gaya yang terjadi saat jantung memompa darah menjauh darinya.

Jika Anda tidak memiliki masalah dengan air kelapa, ini mungkin terbukti sebagai obat yang tepat untuk Anda.

3. Kurangi konsumsi garam

Garam bukanlah masalah ketika sampai pada tekanan darah tinggi, melainkan komponen kimia natriumnya. Sedikit baik, tapi terlalu banyak natrium mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh.

Untuk membuang kelebihan garam dari sistem Anda, air diambil dari jaringan sekitarnya. Volume cairan yang lebih tinggi menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi. Untuk itu perlu mengurangi konsumsi garam untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

2 dari 4 halaman

4. Olahraga

Seiring dengan diet, olahraga harus benar-benar menjadi nomor satu dalam daftar ini. karena tidak ada yang bisa menggantikan olahraga. Dalam masyarakat di mana kita menjadi semakin tidak beraktivitas, dibutuhkan sedikit usaha untuk keluar dan bergerak, tapi ada baiknya, terutama jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

Jantung adalah otot, dan itu akan tumbuh lebih kuat dengan olahraga. Ini menjadi lebih mudah untuk memompa darah, menjaga jantung Anda dalam kondisi lebih baik dan menurunkan berapa banyak kekuatan yang diberikannya pada arteri Anda; sehingga menurunkan tekanan darah.

Faktanya olahraga dalam banyak kasus adalah semua yang Anda butuhkan untuk mendapatkan tekanan darah Anda kembali ke jalur semula. Angka teratas dalam pembacaan tekanan darah menunjukkan tekanan darah sistolik, yang diciptakan oleh jantung yang memompa darah menjauh darinya.

Olahraga dapat menurunkan pembacaan ini dengan rata-rata 4 sampai 9 milimeter merkuri (satuan tekanan), sebanyak beberapa resep obat darah tinggi.

Efek samping yang menyenangkan dari olahraga adalah penurunan berat badan, yang juga membantu jantung dan arteri Anda.

3 dari 4 halaman

5. Semangka

Berusahalah untuk mengambil semangka setiap pagi. Seringkali semangka dipandang sebagai buah musim panas yang ketat untuk dikonsumsi hanya untuk kandungan airnya yang lezat, tapi juga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Senyawa organik yang disebut citrulline, asam amino pertama kali diisolasi pada tahun 1914 dari semangka; Setelah tertelan, tubuh dapat mengubah citrulline menjadi asam amino L-arginine, yang merupakan pendahulu nitric oxide.

Untuk menerjemahkan, citrulline-yang ditemukan dalam semangka - diubah menjadi arginin - yang pada dasarnya merupakan blok bangunan kimia, yang menyebabkan produksi nitric oxide.

Nitric oxide yang mengatur ke berbagai sel dan sistem di tubuh kita. Semangka memang memperlebar pembuluh darah, yang menurunkan resistensi vaskular, dan sebagai gantinya, pada akhirnya menurunkan tekanan darah.

Bayangkan mencoba memompa volume cairan tertentu melalui lubang kecil versus bukaan yang lebih lebar. Pembukaan yang lebih lebar akan memungkinkannya mengalir dengan lancar dan mudah-ini sama dengan sel darah. Dan itulah yang dilakukan semangka untuk Anda.

Artikel Selanjutnya
5 Minuman Sehat yang Tak Kalah Segar dari Soda
Artikel Selanjutnya
Ramuan untuk Turunkan Kolesterol Setelah Idul Adha