Sukses

3 Bahan Alami yang Bisa Menutupi Uban

Liputan6.com, Jakarta Uban merupakan proses alami saat menginjak usia 30 tahun ke atas. Hal ini disebabkan turunnya pigmen warna yang disebut melanin.

Sebagian orang ke salon untuk membantu mengembalikan warna alami. Meski efektif, perawatan ini dapat menghilangkan minyak alami rambut.

Anda dapat menggunakan bahan alami untuk menutupi uban. Bahan alami ini akan memberi warna yang bagus dan menyehatkan rambut, seperti dilansir dari laman Times of India, Senin (25/9/17).

1. Kulit kentang

Sayuran yang paling umum ditemukan di setiap dapur bukan hanya untuk membuat kentang goreng saja. Kentang mengandung sejumlah besar pati. Karena kandungan ini, kulitnya berperan sebagai pewarna alami untuk dijadikan sebagai pewarna alami pada rambut.

Kentang perlahan-lahan akan menutupi warna rambut Anda yang berubah menjadi abu-abu selama beberapa bulan.

Metode:

Kumpulkan beberapa kulit kentang dan rebus sekitar dua gelas air. Ambil campuran tersebut setelah mendidih selama sekitar 10 menit.

Biarkan campuran mendingin dan saring sebelum mengaplikasikannya pada uban. Basahkan setiap helai dengan air dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air.

1 dari 3 halaman

2. Kopi

Kopi merupakan bahan pewarna alami yang sukses untuk menutupi rambut abu-abu. Penggunaan teratur akan membuat perbedaan yang signifikan pada warna rambut Anda dengan membuatnya terlihat alami dan sehat.

Metode:

Mulailah dengan membeli kopi bubuk biasa, pastikan untuk membeli yang paling gelap tanpa pewarna atau citarasa tambahan. Kombinasikan dua sampai tiga sendok makan kopi (tergantung panjang rambut Anda) dengan 100-150 ml air.

Rebus campuran sampai Anda mendapatkan cairan gelap dengan konsistensi yang kental. Biarkan dingin dan oleskan secara merata di rambut Anda. Biarkan selama sekitar 45 menit dan bersihkan seperti biasa.

2 dari 3 halaman

3. Buah amla

Buah kaya vitamin C ini dikenal dengan sifat restoratifnya saat berhubungan dengan pertumbuhan rambut. Amla adalah bahan utama dalam berbagai pewarna rambut sehingga aman untuk mewarnai rambut Anda.

Dengan kandungan melanin tingkat tinggi, Amla dapat memperlambat proses perubahan warna pada rambut dan juga membantu meningkatkan volume rambut.

Metode:

Campurkan beberapa bubuk Amla dengan minyak kelapa. Panaskan campuran dalam panci sampai minyak mulai mendidih. Biarkan campuran mendingin sedikit dan oleskan ke rambut Anda selama 30-40 menit.

Cuci dengan air dingin. Perlu diingat bahwa jumlah campuran harus sebanding dengan panjang rambut Anda. (Michelle Tania)

Artikel Selanjutnya
Ingin Mewarnai Rambut? Ini 7 Efek Sampingnya
Artikel Selanjutnya
Ramuan Masker Alami Pemutih Wajah