Sukses

9 Tips Sederhana untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

Liputan6.com, Jakarta Perubahan gaya hidup di masyarakat saat ini yang cenderung dekat dengan gadget dan peralatan elektronik lainnya membuat kasus insomnia meningkat. Jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur, tulisan berikut ini akan membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak seperti yang dilansir oleh Boldsky, Minggu (24/9/2017)

1. Makan daging kalkun atau ayam

Daging kalkun atau ayam kaya akan triptofan. Triptofan merupakan asam amino yang diperlukan tubuh untuk memproduksi hormon serotonin dan melatonin di tubuh Anda. Hormon ini akan membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

2. Minum teh

Teh yang terbuat dari chamomile, valerian, lavender, dan peppermint memiliki kemampuan untuk merangasang tidur lebih cepat. Tindakan sederhana seperti menghirup secangkir teh akan membuat Anda lebih tenang sehingga menurunkan aktivitas otak dan membantu Anda tertidur lebih cepat saat di tempat tidur.

3. Ruang gelap

Tidur di ruang atau kamar yang gelap akan memberikan kesempatan tubuh Anda untuk beristirahat secara optimal. Paparan sinar tidak akan membiarkan tubuh Anda beristirahat secara maksimal sehingga Anda akan tetap merasa lelah setelah bangun tidur. Jadi, jika Anda ingin tidur lebih nyenyak di malam hari, cobalah matikan lampu dan tutup tirai kamar.

 

1 dari 3 halaman

4. Buat kamar Anda dingin

Anda dapat mencapainya dengan menyalakan kipas atau dengan menurunkan suhu AC. Tidur di kamar yang dingin, ternyata lebih baik daripada tidur di ruangan yang hangat. Menurut penelitian, tidur pada suhu dingin akan menurunkan berat badan seseorang karena lemak tubuh akan terbakar untuk menjaga suhu internal tubuh.

5. Cat biru kamar Anda

Secara psikologis warna biru pada kamar Anda akan memberikan efek menenangkan. Oleh itu, banyak desainer interior menyarankan cat warna biru di kamar agar membantu Anda tertidur di malam hari.

6. Makan siang dengan whole grain

Roti gandum utuh seperti roti beras atau multigrain adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kadar hormon serotonin dan melatonin dalam tubuh Anda. Anda disarankan untuk mengonsumsinya di siang hari karena usus membutuhkan waktu lama untuk mencernanya.

2 dari 3 halaman

7. Makan malam yang sedikit

Anda disarankan untuk makan sedikit saat makan malam agar saluran pencernaan tidak membutuhkan waktu lama untuk mencerna dan bisa beristirahat. Anda bisa mencoba untuk makan sedikit pada waktu malam atau berhenti makan setelah jam 7 untuk memberikan kesempatan tubuh Anda beristirahat lebih baik.

8. Jangan berolahraga terlalu malam

Olahraga malam akan membantu melepaskan hormon serotonin sehingga Anda akan merasa relaks setelah beraktivitas. Tetapi, dampak negatif akan muncul saat Anda berolahraga sampai larut malam karena serotonin memberi energi pada Anda dan mencegah turunnya aktivitas otak Anda, yang sangat penting untuk membuat Anda tertidur.

9. Jangan makan cokelat hitam

Cokelat hitam sangat bagus untuk kesehatan. Tetapi, jika Anda mengonsumsinya terlalu larut malam dapat menyebabkan Anda sulit tidur karena cokelat hitam kaya kafein. Apabila Anda adalah penggemar cokelat, Anda bisa mengonsumsi cokelat di pagi hari.

Artikel Selanjutnya
Clean Sleeping, Cara Tidur yang Bikin Tubuh Lebih Sehat
Artikel Selanjutnya
Jangan Anggap Sepele, Ini Cara Memilih Bantal yang Baik Buat Anda