Sukses

Sehat dan Langsing dengan Cuka Apel

Belum umum digunakan di Indonesia, sebenarnya ada banyak manfaat kesehatan yang terkandung dalam cuka apel.

Liputan6.com, Jakarta Apple Cider Vinegar atau cuka apel mungkin belum banyak dikenal di Indonesia. Padahal di luar negeri, cuka apel sudah banyak digunakan karena kandungannya yang kaya enzim dan bakteri yang menguntungkan bagi tubuh.

Bila Anda berbelanja di toko swalayan, Anda akan mendapatkan dua jenis cuka apel. Yang satu terlihat bening, yang lainnya agak kusam. Perbedaan dari kedua cuka apel ini terletak pada proses filterisasi, namun keduanya sama-sama terbuat dari jus apel.

Bila Anda ingin mengkonsumsi cuka apel untuk kesehatan pilihlah cuka apel yang tidak bening atau tidak difilter. Tipe cuka apel yang kusam atau tidak difilter ini mengalami dua kali fermentasi yang menghasilkan lebih banyak enzim sehingga lebih manjur bagi kesehatan.

Jangan keburu jijik dengan tampilannya yang kusam, karena jenis ini lebih banyak mengandung zat besi, magnesium, kalsium, pottassium, malic acid, acetic acid, pectin, dan ash.

Seperti yang disebutkan dalam laman Prevention, Minggu (24/9/2017) telah banyak literatur yang menulis akan kegunaan cuka apel. Salah satunya adalah dalam mengatur kadar gula dalam tubuh. Penelitian menyatakan, dengan meminum dua sendok makan cuka apel sebelum tidur akan menghasilkan kadar gula yang lebih rendah di pagi harinya.

Banyak yang telah berhasil menurunkan berat badan dengan mengonsumsi cuka apel ini dalam empat minggu saja. Selain penurunan berat badan, cuka apel juga terbukti meningkatkan imunitas tubuh. Peneliti telah menemukan kandungan zat antioksidan pada cuka apel.

Cuka apel juga dapat menjadi pengganti alkohol karena kandungan anti bakterinya. Kandungan prebiotik pada cuka apel juga besar manfaatnya.

Jenis cuka apel yang difilter terlihat bening tanpa endapan. Cuka apel ini ampuh digunakan sebagai pembersih lantai, pelembut pakaian, pemutih, dan pembersih toilet.

Tidak hanya berfungsi sebagai pemutih, cuka apel ampuh membunuh kuman, pembersih perhiasan. Banyak orang juga menggunakan cuka apel sebagai toner wajah karena kasiatnya bagi kecantikan kulit. Bagaimana, Anda mau mencobanya? 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.