Sukses

Cara Mudah dan Murah untuk Rileks di Akhir Pekan

Kesibukan sehari-hari bisa membuat tubuh jadi tegang, dan akhir pekan adalah saat yang tepat untuk membuat tubuh kembali rileks.

Liputan6.com, Jakarta Akumulasi aktifitas sehari-hari kerap membuat hidup Anda tegang. Anda mungkin tahu cara menyiasati intensitas ini, namun karena waktu yang terbatas Anda sering malas melakukannya, apalagi kalau perlu mengeluarkan biaya. Ada cara sederhana untuk rileks yang bisa Anda lakukan tanpa upaya berlebihan, melansir Cosmopolitan, Minggu (24/9/2017).

Langkah pertama dapat dimulai saat Anda banguan pagi. Anda bisa memulai aktifitas Anda dengan meluangkan waktu untuk bermeditasi sebentar saja.

Kosongkan pikiran dari semua hal bahkan dari hal yang terkecil pun, seperti sarapan apa yang Anda akan makan hari ini. Kemudian saat Anda mulai membuka komputer Anda, luangkan waktu untuk melihat image pada screen saver.

Menurut penelitian International Journal of Environmental Research and Public Health, melihat gambar screen saver komputer untuk beberapa saat bisa membuat Anda lebih rileks. Manfaatkan waktu istirahat Anda dengan melakukan hal kreatif seperti menentukan pilihan minuman hangat atau dingin membuat mood Anda bangkit.

Anda juga bisa mulai membersihkan rumah bila terlihat mulai berantakan. Jangan malas dulu, karena kegiatan bersih-bersih bisa membuat Anda lupa akan rutinitas yang membebani. Anda bisa juga memulai mengatur ulang kembali perabotan rumah Anda dengan sentuhan “zen” ditambah dengan aroma terapi agar semakin rileks.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Coba keluar ruangan

Cara yang lain adalah, keluarlah dari ruangan Anda, entah untuk sekedar area sekitar untuk melupakan semua hal dan sekedar melihat-lihat. Walau terlihat tidak penting, otak Anda akan dibiarkan berisitirahat sejenak. Buatlah daftar rutinitas baru seperti belajar memasak atau hal lain yang Anda sukai.

Berikan tubuh Anda pijatan. Saat tubuh mendapatkan pijatan, bukan hanya otot yang mengendur tapi secara psikologis seseorang akan menjadi lebih rileks. Setelah itu Anda juga bisa memanjakan diri Anda dengan snack sehat yang mengandung banyak protein seperti almond atau keju.

Anda juga bisa mengatur ulang playlist lagu Anda untuk mencoba nuansa baru dan menarilah seenerjik yang Anda mau tanpa perlu malu pada siapapun.

Sebelum tidur, lakukan perenggangan agar tidur lebih lelap. Jangan lupa gunakan lampu dengan sinar yang diatur. Pakailah terang yang cukup nyaman dengan setingan relaks. Dan jangan lupa, untuk lebih banyak tertawa setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.