Sukses

Ini yang Terjadi pada Otak Saat Anda Sembunyikan Rahasia

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin menyembunyikan suatu rahasia, baik dari keluarga, pasangan, dan teman. Rahasia itu ternyata membebani otak. Para peneliti menemukan, menjaga rahasia akan membuat energi pada otak terkuras habis.

Akibatnya, Anda akan mengalami kecemasan berlebih. Lantas, bagaimana efek jangka panjangnya? Sebuah makalah baru Attitudes and Social Cognition menggambarkan, sepuluh studi tentang dampak menyembunyikan rahasia sehari-hari.

Beban menyembunyikan rahasia semakin berat di kala bangun tidur. Setelah itu, ada kalanya seseorang merenung.

Tim dari Universitas Columbia mengembangkan survei soal rahasia ini yang diikuti oleh 2.000 peserta. Para peneliti menemukan, sebanyak 96 persen dari mereka, saat ini, memiliki semacam rahasia.

Yang paling umum, pikiran romantis soal seseorang di luar hubungan dengan pasangan, perilaku seksual, atau perselingkuhan.

 

Simak video menarik berikut ini:

 

1 dari 2 halaman

Pengaruhi kehidupan

Bagaimana soal menjaga rahasia yang lebih sulit untuk disembunyikan, seperti menyembunyikan perselingkuhan atau trauma dari orang yang dicintai? Jika hal ini terus disembunyikan, maka kepuasan hidup dan kualitas hubungan akan berkurang.

Dampak secara psikologis sangat berbahaya, saat rahasia tersebut direnungkan terus menerus. Peserta diminta mengingat rahasia yang mereka simpan dari pasangan, dilansir dari Research Digest, Sabtu (23/9/2017).

Hasil temuan, peserta merasa kurang puas dengan kehidupan dan mood (suasana hati) yang buruk.

Artikel Selanjutnya
Alasan Tersembunyi Mengapa Anda Merasa Malas Setelah Makan Siang
Artikel Selanjutnya
Menurut Sains, Ini Cara Lupakan Mantan Kekasih yang Mengejutkan