Sukses

Alasan Orang Sering Merinding Saat Dengar Lagu Favorit

Liputan6.com, Amerika Serikat Ketika mendengar lagu favorit, Anda mungkin akan merasa merinding. Entah mendengar ritme, melodi, atau pun liriknya. Hal ini bisa terjadi karena emosional Anda ikut merasakan lagu tersebut.

Sensasi merinding ini kadang disebut orgasme kulit. Merinding umumnya termasuk respons terhadap perasaan sejuk, menurut Matthew Sachs, mahasiswa pascasarjana yang mempelajari efek musik di otak di University of Southern California, Amerika Serikat.

"Rambut (di kulit) kita akan berdiri tegak. Apalagi saat kondisi terancam atau bahaya, rambut terlihat lebih besar," kata Sachs, dikutip dari Quartz, Minggu (24/9/2017).

Sachs menganalisis reaksi fisik terhadap lagu sejak ia menjadi sarjana di Harvard University. Tahun lalu, ia dan timnya menerbitkan, hasil penelitian yang melibatkan 20 siswa.

Sebanyak 10 di antaranya merasa merinding saat mendengarkan lagu favorit. Sementara itu, 10 di antaranya tidak merasa merinding.

 

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 2 halaman

Lakukan pindaian otak

Peneliti mengambil pindaian (scan) otak dari siswa tersebut. Mereka menemukan, siswa yang merinding memiliki jumlah koneksi saraf yang jauh lebih tinggi antara korteks pendengaran (area otak pendengaran), pusat pengolahan emosional, dan korteks prefrontal, yang terlibat dalam kognisi tingkat tinggi (seperti menafsirkan makna sebuah lagu).

Namun, ini adalah penelitian yang sangat kecil. Sachs mengakui, fenomena ini memang sulit untuk diteliti. Orang seringkali merinding karena mendengar lagu tertentu karena memiliki kenangan mendalam dengan lagu tersebut.

Saat ini, Sachs melakukan penelitian lanjutan, yang mencakup pemeriksaan pola aktivitas di otak manusia saat mereka mendengarkan musik yang merangsang emosi. Sachs berharap bisa mengerti lebih rinci soal lagu yang menyebabkan seseorang merinding.

Artikel Selanjutnya
Cerita Unik di 5 Lagu Baru Maliq & D'Essentials
Artikel Selanjutnya
Keren, Aurelie Moeremans Nyanyi Despacito dalam Bahasa Prancis