Sukses

Hentikan 7 Kebiasaan Buruk Ini, Demi Kesehatan Jantung Anda

Liputan6.com, Jakarta Penyakit kardiovaskular ternyata menjadi pembunuh nomor satu di dunia dan ini mendorong setiap orang untuk menjaga kesehatan jantung. Beberapa kebiasaan sederhana dalam sehari-hari bisa memainkan peran penting.Hal ini akan menciptakan perbedaan besar dalam hidup Anda dan meningkatkan kemampuan Anda untuk menjalani gaya hidup sehat.

Tapi Anda sudah tahu bahwa mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur merupakan kebiasaan penting untuk kesehatan jantung. Tapi ada beberapa kebiasaan umum yang sebenarnya bisa menyabotase kesehatan jantung Anda. Sejumlah aktivitas yang kita anggap normal dan umum bisa berdampak negatif terhadap kesehatan jantung.

Oleh karena itu, perlu agar kita tidak mempraktikkan kebiasaan umum ini yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Berikut kebiasaan buruk bagi jantung yang perlu Anda hindari, seperti dikutip dari situs Boldsky, Sabtu (23/9/2017)

1. Duduk sepanjang hari sambil nonton teve

Duduk berjam-jam dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, bahkan jika Anda berolahraga secara teratur. Ini karena minimnya pergerakan bisa memengaruhi kadar lemak dan gula dalam darah.

2. Depresi atau tertekan

Merasa stres, bermusuhan atau tertekan bisa membahayakan jantung Anda. Stres internalisasi bisa menjadi bahaya besar bagi tubuh dan bagaimana Anda menangani emosi ini dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda.

3. Sering mendengkur

Mendengkur bisa menjadi pertanda adanya sesuatu yang serius seperti apnea tidur obstruktif. Hal ini ditandai dengan pernapasan yang terganggu saat tidur, yang bisa menyebabkan tingginya kadar tekanan darah. Inilah salah satu kebiasaan buruk bagi jantung Anda.

4. Tidak flossing

Studi telah menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara penyakit gusi dan penyakit jantung. Tidak flossing dapat menyebabkan bakteri lengket bermuatan plak untuk terbentuk dari waktu ke waktu dan ini bisa memicu radang dalam tubuh. Inilah salah satu kebiasaan yang buruk bagi jantung Anda.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

Terlalu banyak makan dan konsumsi alkohol

5. Minum alkohol berlebihan

Kelebihan alkohol dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi, kadar lemak darah dan gagal jantung yang tinggi. Kalori ekstra juga bisa menyebabkan penambahan berat badan dan bisa menciptakan ancaman bagi kesehatan jantung Anda.

6. Terlalu banyak makan

Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Anda perlu menghindari porsi besar dan mengganti minuman bergula dengan air.

7. Makan daging merah

Daging merah tinggi lemak jenuh. Dan, ini adalah daging olahan yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan kanker kolorektal. Inilah salah satu kebiasaan yang merusak jantung yang perlu diwaspadai.

Artikel Selanjutnya
Inilah 6 Tanda Anda Terlalu Stres
Artikel Selanjutnya
Makanan untuk Otot Setelah Olahraga