Sukses

Minum Kopi Dapat Tangkal Tiga Penyakit Berbahaya

Liputan6.com, Jakarta Banyak dari kita akan merasa agak sulit untuk memulai hari kita tanpa secangkir kopi panas yang mengepul, bukan? Baik itu profesional yang bekerja, mahasiswa, atau ibu rumah tangga, kopi telah menjadi kebiasaan pagi untuk membantu memulai hari-hari mereka.

Padahal, banyak orang yang biasa mengkonsumsi kopi lebih dari sekali sehari, sehingga sudah menjadi bagian penting dari gaya hidup kita. Sekarang, telah terjadi perdebatan sejak berabad-abad yang lalu tentang apakah kopi itu sehat atau tidak.

Sejumlah penelitian dan laporan medis telah dipublikasikan tentang hal ini dan mereka memiliki berbagai pendapat mengenai konsumsi kopi. Sementara beberapa penelitian mengatakan bahwa minum kopi dalam jumlah minimal secara teratur dapat memiliki manfaat kesehatan, beberapa penelitian lain menyatakan sebaliknya. Jadi, saat orang awam membaca studi ini, kita bisa agak bingung dengan dampak kopi terhadap kesehatan kita.

Kini, kunci untuk menghindari komplikasi kesehatan dengan mengonsumsi kopi adalah meminumnya dalam jumlah terbatas. Mengonsumsi satu atau dua cangkir kopi kecil dalam sehari sebenarnya bisa memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Namun, minum banyak kopi, berkali-kali sehari pasti bisa berbahaya bagi kesehatan.

Sekarang, kita tahu bahwa seiring bertambahnya usia, kebanyakan kesehatan masyarakat cenderung memburuk dan kita mungkin mengalami penyakit terkait usia tertentu. Sistem kekebalan tubuh melemah, tulang, jaringan dan saraf kita juga menjadi lebih lemah, membuat kita rentan terhadap penyakit tertentu seperti, arthritis, demensia, Alzheimer, diabetes, dan lainnya.

Seiring dengan mengikuti gaya hidup sehat sejak usia muda, kopi juga dapat membantu mencegah penyakit terkait usia ini, berdasarkan studi penelitian. Berikut adalah tiga penyakit tersebut seperti dikutip dari situs Boldsky, Jumat (22/9/2017) 

 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

1 dari 2 halaman

3 penyakit yang bisa ditangkal dengan minum kopi

1. Diabetes

Diabetes adalah kelainan metabolik di mana tubuh mengalami resistensi insulin atau tidak menghasilkan insulin yang cukup, sehingga kadar gula darahnya menjadi lebih tinggi dari normal sehingga menimbulkan sejumlah gejala yang tidak diinginkan.

Diabetes tidak bisa disembuhkan, tapi bisa diobati. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Chemical Society mengatakan bahwa antioksidan yang ada dalam kopi dapat menjaga tingkat metabolisme Anda tetap sehat, sehingga menyeimbangkan hormon insulin untuk mencegah diabetes di kemudian hari.

2. Stroke

Stroke adalah kondisi yang serius dan sering kali mengancam jiwa di mana jaringan otak rusak karena pasokan darah yang tidak mencukupi yang disebabkan oleh gumpalan darah. Studi penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi setidaknya secangkir kopi, tanpa gula setiap hari dapat membuat pembuluh darah melebar untuk mencegah pembekuan dan akibatnya mencegah stroke.

3. Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah kondisi yang berhubungan dengan usia dimana sel otak mulai merosot mempengaruhi memori, fungsi motorik dan kemampuan kognitif seseorang, sehingga mempengaruhi aktivitas kesehariannya. Studi penelitian Amerika telah menemukan bahwa kafein dalam kopi dapat merangsang sel otak agar tetap sehat dan aktif untuk waktu yang lebih lama untuk mencegah penyakit Alzheimer.

Artikel Selanjutnya
5 Minuman Sehat yang Tak Kalah Segar dari Soda
Artikel Selanjutnya
Sembuhkan Penyakit Paru-Paru dengan Daun Cocor Bebek