Sukses

Makan Almond Berlebihan Bisa Berbahaya

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang berpikir bahwa kacang almond adalah camilan sehat karena kaya akan vitamin B dan E, mineral seperti zinc, kalsium, magnesium dan zat besi yang bagus bagi tubuh. Meski begitu, kacang almond harus dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan gizi tubuh.

Kacang almond merupakan camilan sehat bagi orang yang sedang melaksanakan program diet, selain itu kacang almond juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, yaitu membantu menstabilkan darah.

Adakah efek samping yang ditimbulkan akibat mengonsumsi almond lebih dari yang seharusnya? Simak penjelasannya, seperti yang dilansir dari laman, Times of India, Jumat (22/9/17).

1. Masalah pencernaan
Jika Anda mengonsumsi banyak kacang almond, itu bisa menyebabkan konstipasi, kembung dan membuat perut terasa tak enak. Ini karena ada banyak serat dalam kacang almond dan tubuh Anda tidak terbiasa mengkonsumsi begitu banyak.

Jika asupan serat Anda meningkat, Anda juga bisa perlu meningkatkan asupan air untuk mengatasi situasi ini. Namun, yang terbaik adalah menghindari overdosis almond.

2. Kelebihan vitamin E
100 gram (setengah cangkir) kacang almond mengandung 25 mg vitamin E. Kebutuhan harian Anda untuk vitamin E adalah 15 mg. Sekarang, bayangkan jika Anda mengonsumsi secangkir almond. Itu artinya lebih dari tiga kali kebutuhan harian anda!

Ini mungkin baik-baik saja dan mungkin tidak menunjukkan efek samping jika tidak dilengkapi dengan sumber vitamin lain, seperti telur, biji-bijian dan bayam. Namun, jika memang demikian, Anda bisa mengalami diare, kelemahan dan penglihatan yang kabur.

Saksikan juga video berikut ini: 

 

1 dari 2 halaman

Berat badan naik dan keracunan

3. Berat badan naik
Almond tinggi kandungan lemak dan kalori. Sekitar 100 gram kacang almond akan memberi Anda 50 gram lemak tapi porsi yang cukup besar dari lemak tak jenuh tunggal ini, yang sehat untuk jantung. Namun, jika gaya hidup Anda tidak banyak bergerak, untuk membakar kalori yang Anda dapatkan melalui kacang almond, hal itu dapat menyebabkan deposisi lemak di tubuh Anda.

4. Keracunan
Efek samping ini terbatas pada asupan almond pahit atau mematikan. Meskipun terbukti efektif dalam menyembuhkan kejang dan rasa sakit, jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, hal itu dapat menyebabkan toksisitas di tubuh Anda.

Ini karena almond mengandung asam hidrosianat, konsumsi berlebihan yang bisa menyebabkan masalah pernapasan, gangguan saraf, tersedak dan bahkan kematian! Ini adalah larangan diet ketat untuk wanita hamil.

Sesuai dengan Food and Drug Administration, konsumsi almond sehari-hari harus dibatasi tidak lebih dari sepertiga cangkir, yaitu mendekati 40 gram.

(Michelle Tania)

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Kecil yang Bantu Bikin Tubuh Langsing
Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya