Sukses

Jokowi dan Iriana Joget Maumere, Ini Manfaatnya bagi Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Widodo terkena demam joget Maumere. Dua hari lalu, saat penutupan pelatihan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-DKI Jakarta, mereka bersama-sama melakukan joget Maumere.

Joget Maumere ini melibatkan gerakan berulang pada bagian tangan dan kaki yang mudah diikuti baik orang muda dan tua. Gerakan seperti itu menjadikan joget Maumere sebagai bentuk latihan aerobik, yang bila rutin dilakukan bermanfaat bagi kesehatan, seperti disampaikan dokter spesialis kedokteran olahraga, Michael Triangto.

Tak cuma itu, masih ada dua manfaat lain bila rutin melakukan joget Maumere seperti disampaikan Michael. Pertama, gerakan joget Maumere juga mampu membuat tubuh jadi lincah dan tidak kikuk. Kedua, melatih koordinasi indera pendengaran dan gerakan sehingga sinkron dan terlihat menarik dilihat.

"Jadi, ada komponen-komponen yang dilatih, tidak hanya aerobik saja," kata Michael saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Jumat (22/9/2017)

Namun, bila hanya sesekali saja melakukan joget Maumere itu tidak langsung berdampak pada kesehatan.

"Kalau cuma sekali seminggu atau sekali sebulan ya itu untuk fun saja. Enggak ada artinya terhadap kesehatan seseorang," kata Michael lagi.

Saksikan video aksi joget Maumere Jokowi dan Iriana:

1 dari 2 halaman

Cara Mudah Sehat dan Bugar lewat Joget Maumere

Anda yang tengah menggandrungi joget Maumere pun bisa menjadikannya sebagai cara berolahraga. Untuk mendapatkan manfaat sehat, Michael menyarankan melakukan joget Maumere tersebut 3-5 kali seminggu.

"Kalau kurang dari itu nilai aerobiknya kurang baik," kata dokter yang berpraktik di Slim & Health Sports Therapy Jakarta ini.

Namun, gerakan-gerakan dalam joget Maumere tidak ada unsur latihan anaerobik. Michael menyarankan bila ingin tubuh sehat dan bugar, tambahkan latihan anaerobik juga. Seperti push-up, sit-up, back-up, leg raise untuk melatih kekuatan otot.

"Jadi, sebelum melakukan joget Maumere, bisa lakukan stretching dulu. Lalu, lakukan gerakan-gerakan anaerobik. Lanjutkan dengan joget Maumere. Nanti, ditutup ditutup dengan pendingingan dengan jalan-jalan di sekitar lapangan lalu stretching lagi," saran Michael. 

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Kesan Jokowi Selama Berkunjung di Sukabumi
Artikel Selanjutnya
Cara Kekinian Presiden Jokowi Lepas Kangen dengan Sang Cucu