Sukses

Pentingnya Membersihkan Spons Cuci Piring Anda

Bentuknya yang kecil menjadi faktor kurang pedulinya kita terhadap kebersihan spons cuci di rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Bentuknya yang kecil menjadi faktor kurang pedulinya kita terhadap kebersihan spons cuci piring di rumah Anda. Spons menjadi solusi untuk membersihkan setiap kotoran yang ada di dapur hanya dengan sekali usap.

Tidak salah bila sebuah penelitian seperti yang ditulis di New York Times, menyatakan bahwa spons adalah tempat berkumpulnya paket komplet bakteri-bakteri yang bisa membahayakan kesehatan Anda bila kita tidak mempedulikan kebersihannya. Spons dikatakan menjadi mediator yang sempurna bagi bakteri-bakteri yang berkumpul di dapur.

Bakteri yang terdapat di spons bernama Moraxella Osloensis, jenis bakteri yang sebenarnya termasuk bakteri biasa dan tidak membahayakan. Bagi orang sehat, bakteri ini tidak akan langsung membuat orang sakit. Namun, bagi seseorang yang mempunyai imunitas rendah, hal ini bisa membahayakan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengganti spons cuci piring sesering mungkin, karena spons bersifat “susah dibersihkan”.

Dapur, menurut penelitian Kansas State University adalah tempat terjadinya penularan bibit penyakit dari berbagai faktor yang dipermudah karena spons yang kotor, entah itu dari daging, sayuran, susu, bahkan orang yang berada di dapur.

Untuk menghindari semakin mudahnya spons mempengaruhi kesehatan Anda, jangan gunakan spons untuk membersihkan daging mentah, kotoran yang terdapat di buah-buahan dan sayuran, peralatan bekas susu yang tidak dipasteurisasi, atau muntahan hewan peliharaan Anda. 

 

 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan air keran untuk membersihkan

Bila Anda ingin membersihkannya, gunakan hanya dengan air yang mengucur dari keran, atau lap pembersih sekali pakai. Anda juga diharapkan untuk melarang anggota keluarga Anda yang sedang sakit masuk di wilayah dapur karena akan menambah jumlah bakteri yang ada di dapur.

Bahkan sayuran mentah di dapur seorang vegan akan menjadi sumber penyakit bila tidak disimpan dengan baik. Anda sebaiknya mencuci tangan sesering mungkin, dan membedakan kegunaan dari masing-masing sponge, sehingga tidak terjadi percampuran kontaminasi.

Tidak membiarkan spons dalam keadaan basah, dan terus membiarkannya dalam keadaan kering akan mengurangi kemungkinan pengembangan bakteria di spons. Beberapa orang berupaya mengeringkan dan membersihkan spons dengan memanggangnya di microwave, namun hal ini juga tidak disarankan, karena spons sangat mudah terbakar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.