Sukses

Jangan Salah, Mandi Kembang Punya Manfaat

Liputan6.com, Jakarta Salah satu ritual yang dilakukan sebagian orang Jawa di malam 1 Suro adalah mandi kembang. Namun, ada segelintir orang yang mengatakan ritual mandi kembang itu terkait dengan klenik, mistis, atau kekuatan gaib lainnya.

Sesungguhnya, ada makna di balik ritual mandi kembang di malam 1 Suro. Mandi kembang dilakukan guna menyucikan diri, hati, pikiran serta menjaga panca indera dari hal negatif.

Ritual tersebut biasanya dilakukan dengan berendam di air hangat yang sudah ditaburi bunga mawar merah dan putih, melati dan kenanga. Dan aktivitas ini mampu membuat tubuh jadi rileks. Selain itu, aroma yang keluar mampu memengaruhi suasana hati dan meningkatkan kesehatan seseorang.

Berikut daftar kembang beserta manfaat masing-masing. Seperti mengutip Prevention, Kamis (21/9/2017).

Melati

Bunga berwarna putih berukuran kecil ini selalu masuk dalam ritual mandi kembang. Aromanya yang khas mampu meningkatkan suasana hati dan menyegarkan tubuh.

Mawar

Bunga mawar dan merah sudah dilepaskan dari tangkai. Lalu, disebarkan ke dalam bak mandi. Aroma wangi mawar mampu mengendurkan saraf-saraf yang tegang dan menyegarkan tubuh.

Kenanga

Bunga berbentuk seperti bintang laut dan berwarna hijau kekuningan. Bunga satu ini memiliki kandungan minyak atsiri. Kandungan tersebtu mampu meningkatkan perasaan senang dan tenang serta menghilangkan perasaan paning, cemas, gelisah, maupun marah. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

Artikel Selanjutnya
Tingkatkan Gairah Bercinta dengan Makanan Ini
Artikel Selanjutnya
5 Cara Gaul Biar Tetap Eksis Tapi Gak Boros