Sukses

Lucunya Dave Jephcott, Bule yang Medok Omong Jawa

Liputan6.com, Jakarta "Kula kersa nerangake, yen channel Youtube kula niku wonten video-video" itu adalah sepenggal kalimat pembuka seorang bule yang sering wara-wiri di Youtube. Dia adalah Dave Jephcott.

Dave adalah seorang bule Australia dengan aksen serta cara tutur bahasa Jawa yang medok (kental logat Jawa Surabaya) seperti orang Surabaya asli. Dia sering mengunggah banyak video menghibur di akun Youtube pribadinya Londokampung. Dari banyak video itu terlihat jelas betapa fasihnya dia memakai bahasa Jawa ala Surabaya (Suroboyoan).

Pria yang lahir di Melbourne ini sejak 1989 tinggal di Indonesia. Keterampilan berbahasa Jawa Suroboyoan diperoleh secara otodidak.

"Terus aku di Surabaya langsung main sama teman-teman kampung. Karena itu aku bisa tanpa belajar duluan," kata Dave dalam sebuah video LONDOKAMPUNG Q & A (feat.Santi Novia).

Perbedaaan Bahasa Inggris dan Jawa Suroboyoan memang nyata. Namun dia punya strategi agar fasih berbicara bahkan sampai memiliki aksen seperti orang Surabaya.

"Yang penting mendengarkan ucapan teman-teman, diulang. Ya sama seperti anak kecil belajar bahasa," ucapnya.

Dave juga tahu betul, bahasa Jawa Suroboyoan itu lebih kasar dibandingkan bahasa Jawa dari daerah lain. Mulai dari kata-kata hingga logat. Namun, dia sudah mempelajari tata krama berbahasa.

"Misalnya kalau ngomong sama orang tua (mengucapkan kepala) itu jangan endhas, tapi sirah," tuturnya.

Dia sering menggunakan bahasa ini saat bercanda bersama sang istri, Santi Novia. "Nggak ada bahasa yang bisa mengalahkan bahasa Jawa untuk humor, benar-benar cocok bahasanya," kata Dave dalam video ANAKKU BLASTERAN.

Namun, bila dia dan istri sedang memperbincangkan hal serius bakal menggunakan Bahasa Inggris. Penggunaan Bahasa Indonesia sendiri biasanya saat mengobrol hal-hal sehari-hari misalnya saat masak atau duduk santai bersama keluarga Santi.

Aksi Dave berbahasa Jawa mampu menarik perhatian banyak orang di Youtube. Beragam konten dia hadirkan mulai dari video keseharian berbahasa Jawa, belajar Bahasa Inggris, prank, reaksi terhadap sesuatu, sukses membuat banyak orang tertawa terpingkal-pingkal.

Kini, sudah ada 127 ribu orang yang menjadi subscribernya. Sukses terus Cak Dave!

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Tangan Nikita Mirzani Digenggam Siapa, Pacar Baru?
Artikel Selanjutnya
Ayu Ting Ting Ngamuk, Ada Apa?