Sukses

Diet yang Tepat untuk Kesehatan Vagina

Dengan memperhatikan diet yang tepat, vagina Anda juga akan terjaga kesehatannya.

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang Anda makan berpengaruh pada setiap anggota tubuh, termasuk vagina. Untuk memastikan organ kewanitaan ini lebih sehat, pastikan memilih makanan yang tepat. 

Makanan dan makanan ringan yang tepat dapat membuat vagina Anda tetap sehat, mengurangi ketidaknyamanan, dan melawan infeksi.

Melansir Boldsky, Selasa (19/9/2017) berikut beberapa makanan yang akan mendukung kesehatan vagina:

1. Apel:

Wanita yang makan apel setiap hari diketahui memiliki seksual lebih baik daripada mereka yang tidak. Ini karena apel mengandung phloridzin, yang merupakan fitoestrogen. 

2. Yoghurt:

Yogurt menawarkan manfaat ganda untuk kesehatan vagina. Probiotik ini menawarkan mikroflora vagina yang sehat, sehingga mencegah infeksi seperti ISK, infeksi ragi, dan lain-lain. Yoghurt juga memberi dosis ekstra kalsium yang membantu memperbaiki gejala PMS.

3. Teh Hijau:

Teh hijau baik untuk vagina karena mengandung katekin polifenol yang membantu membunuh bakteri E.coli yang menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK). Kafein dalam teh hijau juga membantu meringankan gejala PMS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Sayuran Hijau, Kacang-kacangan dan Sayuran:

Makanan ini sangat kaya serat. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan vagina Anda adalah dengan menjaga usus tetap sehat karena kebanyakan bakteri berasal dari usus besar. Makanan ini membantu dalam memelihara bakteri baik di dalam usus.

5. Ikan:

Tiga ons salmon mengandung tiga perempat kebutuhan vitamin D harian Anda dan juga diet sehat asam lemak omega 3. Ini adalah makanan sehat jantung.

Setiap makanan yang baik untuk jantung juga baik untuk vagina Anda karena ini meningkatkan sirkulasi keseluruhan dan aliran darah yang lebih baik di sana.

6. Air:

Hidrasi adalah kunci untuk menjaga vagina Anda lembab dan dilumasi. Hal ini juga mengurangi terjadinya infeksi dan meningkatkan gairah.

3 dari 3 halaman

7. Ubi jalar:

Ubi jalar kaya akan vitamin A yang membantu memperkuat jaringan otot untuk dinding vagina yang kuat dan sehat.

8. Brokoli:

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan kaya flavonoid seperti brokoli melihat risiko kanker ovarium berkurang 40 persen. Ini adalah salah satu makanan pokok untuk kesehatan vagina.

9. Flax seed:

Flax seed mengandung sumber fitoestrogen yang kaya yang meningkatkan kadar estrogen dan melumasi vagina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.