Sukses

Baru 19 Tahun, Gadis Ini Bakal Jadi Dokter Termuda di Negaranya

Di saat anak muda belasan tahun lain sibuk kuliah di tahun pertama atau kedua, gadis satu ini sudah bakal menjadi dokter termuda.

Liputan6.com, Jakarta Di saat anak muda belasan tahun lain sibuk kuliah di tahun pertamanya, tidak begitu dengan Chan Hao Shan. Perempuan 19 tahun ini tahun depan bakal lulus dari Taylor’s School of Medicine, Malaysia dan menjadi dokter termuda di Malaysia.

Chan Hao Shan saat ini baru 19 tahun, tapi tahun depan dia sudah menjadi dokter, bahkan dokter termuda di Malaysia. (Foto: Sinchew via worldofbuzz.com)

Kecintaan anak muda ini terhadap dunia kedokteran muncul sejak usia delapan. Kala itu, ibunya yang seorang akuntan terkena kanker.

Pada usia muda pula dia sudah tertarik untuk mempelajari tubuh manusia. Bahkan, dia sudah penasaran tentang fungsi organ-organ tubuh manusia."Saat kecil, aku sudah tertarik dengan apa yang terjadi pada tenggorokan saat menelan sesuatu," katanya saat diwawancarai Sin Chew Daily mengutip laman Straitsimes, Rabu (20/9/2017).

Saat masih di bangku sekolah, orangtua melihat prestasi gemilang Chan di bidang akademis. Lalu, ayah dan ibunya memindahkan ke sekolah internasional.

Tak perlu lama-lama sekolah, dia hanya butuh waktu satu tahun menyelesaikan SMP. Chan lalu melanjutkan studi pra-universitas selama satu tahun dan lulus di 2014.

"Aku suka menantang diri sendiri untuk melewatkan masa belajar di sekolah. Aku merasa bosan di kelas karena kemajuannya lamban dan para guru terus mengulang hal yang sama. Hanya dalam beberapa hari, aku bisa selesai mempelajari keseluruhan buku," tutur Chan.

Rencananya, setelah lulus dari pendidikan kedokteran, Chan bakal mengambil pendidikan spesialis. Namun belum tahu spesialis kedoteran apa.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini