Sukses

Anjing Sakit Kronis, Pemilik Rentan Cemas dan Depresi

Anjing peliharaan sudah dianggap keluarga sendiri, tak heran bila mereka sakit mampu memengaruhi kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta hewan, anjing atau kucing peliharaan itu sudah seperti keluarga sendiri. Tak heran saat anjing atau hewan peliharaan sakit, bisa memengaruhi kesehatan mental pemiliknya.

Jurnal Veterinary Record menyebutkan, bila hewan peliharaan sakit kronis bisa membuat pemilik jadi cemas dan depresi. Para pemilik anjing yang sakit kronis itu melaporkan kondisi stres, gelisah, dan gejala-gejala depresi lainnya yang memengaruhi kualitas hidup.

Rata-rata yang mengisi survei ini adalah perempuan berkulit putih dengan sosial ekonomui kelas tinggi seperti mengutip laman Time, Selasa (19/9/2017).

Ini adalah studi pertama yang memperlihatkan ada tidaknya beban mental pemilik ketika hewan peliharaan sakit. Namun, temuan ini bisa memberi masukan kepada dokter hewan agar lebih memiliki empati dan komunikasi yang baik kepada pemilik hewan.

Di studi selanjutnya, peneliti bakal mengeksplorasi cara untuk mengurangi beban mental pemilik hewan yang sakit kronis. Bila mental pemilik sehat, mereka jadi mampu merawat anjing atau kucing peliharaan yang sakit kronis dengan lebih baik.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini