Sukses

Adakah Cara yang Benar Akui Perselingkuhan?

Liputan6.com, Jakarta Perselingkuhan dalam pernikahan bukanlah masalah baru. Ketidaksetiaan sudah membayangi rumah tangga sejak zaman dahulu kala. Namun sampai sekarang, kebanyakan orang masih belum tahu apa yang harus dilakukan ketika dia sudah berselingkuh.

Sabtu (16/9/2017) malam lalu, komedian dan aktor Hollywood, Kevin Hart, sedikit banyak memberi contoh, bagaimana harus mengakui perselingkuhan dengan cara yang--kalau boleh dibilang--benar.

Bintang film Central Intelligence ini mengunggah video melalui akun media sosialnya. Video ini berisi permohonan maaf Hart, karena sudah melakukan perselingkuhan dari istrinya, Eniko Parish, yang sedang hamil. Tak hanya itu, Kevin Hart juga mengakui, dia membuat "sexually suggestive" video bersama wanita lain tersebut.

Apa yang mendorong Hart melakukan hal ini?

Ternyata wanita selingkuhan Hart itu berusaha untuk memeras bintang Hollywood ini. Kevin Hart memang bukan sembarang aktor. Pria bertubuh mungil ini memiliki kekayaan sekitar US$ 120 juta.

Di dalam videonya itu, Kevin Hart mengatakan, dia tidak akan membiarkan orang lain memeroleh keuntungan finansial dari kesalahan yang dia lakukan. "Saya lebih baik mengakui kesalahan saya," ujarnya.

Dikutip dari Men's Health, Selasa (19/9/2017), apa yang Kevin Hart lakukan bisa menjadi contoh bagi para pria lain yang berada di posisi yang sama. Pengakuan bintang film The Wedding Ringer ini tentang perselingkuhannya terkesan jujur, lugas, dan benar-benar penuh penyesalan.

 

 

1 dari 3 halaman

Selingkuh itu Buruk

Di luar topik pengakuan Kevin Hart, satu hal yang perlu kembali ditekankan: selingkuh itu buruk. Selingkuh adalah pelanggaran berat atas kepercayaan yang diberikan oleh pasangan. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan yang fatal terhadap pernikahan.

Selingkuh dari pasangan yang sedang hamil, seperti yang dilakukan Kevin Hart, lebih buruk lagi. Ketika pasangan merasa rapuh dan tidak tenang, melanggar kepercayaan pasangan saat dia akan memberikan kehidupan pada anak kalian, adalah tindakan yang keji.

Sayangnya, perselingkuhan terus terjadi. Riset menemukan, perselingkuhan bukanlah sesuatu yang jarang terjadi. Salah satu studi mengungkapkan, Anda dan pasangan memiliki kemungkinan 25 persen terpapar ketidaksetiaan sepanjang masa hubungan.

Perlu diingat juga, jika Anda memang berselingkuh dari pasangan, jujur dan berterus terang tidak selalu jadi pilihan terbaik.

"Tidak ada aturan universal tentang mengakui perselingkuhan," ujar Michele Weiner-Davis, M.S.W., terapis pernikahan asal Colorado, AS. Sementara untuk beberapa pasangan, kejujuran bisa membantu mereka untuk bangkit kembali dengan cara yang terbuka dan jujur, hal ini tidak sama untuk semua pasangan. Terutama untuk perselingkuhan yang hanya terjadi satu kali saja.

 

 

2 dari 3 halaman

Kapan harus mengaku?

Akan tetapi, jika perselingkuhan sudah berlangsung dalam waktu lama, atau jika hal itu bisa mempengaruhi keluarga Anda--seperti kasus Kevin Hart yang diperas oleh selingkuhannya--maka pilihan terbaik adalah mengatakannya secara jujur pada pasangan. Bicara dengan terus terang, lugas, dan penuh penyesalan, seperti yang dilakukan Kevin Hart.

Kebanyakan pakar menyarakan, ketika mengakui perselingkuhan, Anda harus jujur, terus terang, dan menunjukkan penyesalan, tapi tanpa memberikan pembenaran apa pun juga.

"Pada tahapan awal pembahasan tentang perselingkuhan, apa pun yang Anda katakan akan terdengar seperti pembenaran atas apa yang sudah Anda lakukan. Hal ini hanya akan membuat pasangan merasa malu dan marah," ujar terapis Jim Walkup kepada Men's Health.

Namun ingat, tidak peduli seberapa jujur atau menyesalnya Anda atas perselingkuhan yang sudah dilakukan, keputusannya tetap ada di tangan pasangan. Apakah dia ingin memaafkan Anda atau tidak.

Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Sering Terjadinya Perselingkuhan dalam Pernikahan
Artikel Selanjutnya
6 Pertanyaan yang Membuat Hubungan Semakin Romantis