Sukses

Rahasia Panjang Umur di Balik Cangkir Kopi

Liputan6.com, Jakarta Kopi selalu jadi topik perbincangan yang hangat. Manfaat dari minuman wangi ini selalu diperdebatkan. Namun, banyak juga yang mengatakan, kopi memiliki risiko kesehatan.

Sebuah studi baru dari Spanyol bisa menyelesaikan perdebatan seputar kopi. Studi terbaru ini membuktikan, minum 4 cangkir kopi setiap hari bisa membuat Anda hidup lebih lama--secara signifikan.

Studi ini dilangsungkan selama 10 tahun dan melibatkan 20 orang Mediterania. Untuk penelitian ini, peminum kopi bebas menambahkan gula atau tidak dalam minman mereka.

Dan ternyata, dorongan dari kafein saja sudah bisa mempernjang usia sampai 64 persen. Dan jika Anda tidak mampu minum 4 cangkir kopi setiap hari, menguranginya sampai dua cangkir saja sudah mengurangi risiko kematian sampai 30 persen.

Namun perlu diingat, minum kopi lebih dari 4 cangkir sehari justru akan menghilangkan manfaatnya. Malah, kafein dalam kopi jadi berbahaya. Jadi, pastikan Anda meminumnya seperti yang disarankan, melansir Purewow, Selasa (19/9/2017).

Artikel Selanjutnya
Cara Benar Seduh Teh untuk Dapatkan Manfaat Terbaik
Artikel Selanjutnya
Minum Kopi Kurangi Kemampuan Lidah Rasakan Manis