Sukses

Asal Pencet Jerawat, Wajah Wanita Ini Jadi Babak Belur

Wanita ini mengalami bengkak seperti babak belur karena memencet jerawatnya.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang masih suka memencet jerawat. Meski terlihat sepele, hal ini ternyata sangat berbahaya. Seperti kisah wanita berusia 21 tahun yang wajahnya jadi babak belur setelah ia memencet jerawatnya.

Katie Wright, wanita asal Austin, membagikan kisah nahas yang dialami melalui akun Twitter miliknya. Saat itu, Katie mengaku mencoba memencet jerawat di dekat alisnya. Namun, hal itu terasa menyakitkan dan membuatnya terjaga sepanjang malam, seperti dikutip dari laman Huffington Post, Senin (18/9/2017).

"Rasa sakit dan panasnya tidak tertahankan. Seperti bara api yang mencoba keluar dari kulit," ucap Katie.

Apa yang dialami Katie adalah jerawat yang berakhir menjadi kasus selulitis, infeksi staph yang memengaruhi jaringan yang lebih dalam di luar lapisan permukaan kulit. Hal ini bisa menyebabkan kegagalan organ, bahkan kematian.

Beruntung, setelah ia pergi ke rumah sakit dan menerima perawatan selama empat hari, dokter berhasil menyembuhkan infeksi tersebut.

Mengenal selulitis

Selulitis merupakan infeksi kulit yang bisa terjadi akibat luka irisan, goresan, dan terpapar bakteri.

"Kondisi ini mudah berkembang dan menyebarkan infeksi," ucap Dr Jessica Krant, profesor dermatologi asal State University of New York's Downstate Medical Center.

Begitu infeksi menular dari kulit ke dalam aliran darah atau di sepanjang lapisan jaringan, infeksi bisa masuk ke soket mata, otak, sinus, persendian, atau tulang. Di daerah ini, infeksi sulit ditangani dan menyebabkan banyak kerusakan.

Selulitis akibat jerawat biasanya lebih sulit diobati dibandingkan beberapa masalah kulit lainnya. Untuk itu, penting untuk tidak memencet jerawat supaya menghindari hal yang tak diinginkan.

Meski sulit dikenali, selulitis biasanya ditandai dengan gejala pembengkakan yang luar biasa dan menyakitkan terutama di wilayah wajah.

Saksikan video menarik berikut:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini cara mengatasi jerawat di wajah

Menurut dr. Krant, berikut ini tips untuk mengatasi jerawat agar terhindar dari selulitis.

1. Beri sesuatu yang hangat pada jerawat

Atasi jerawat dengan mengompresnya pakai handuk hangat. Ini bagus untuk meredakan peradangan pada jerawat.

2. Gunakan obat

Ini bisa berupa salep topikal atau sesuatu yang diresepkan dokter kulit.

3. Tidak memencet

Tidak peduli seberapa menggodanya jerawat Anda untuk dipencet, lebih baik konsultasikan dengan dokter.

"Jika ada bentuk jerawat yang menyakitkan dan dalam, temui dokter kulit untuk membantu mengurangi peradangan," dr. Krant menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini