Sukses

Seperti Jokowi-Ethes, Ini Manfaat Hubungan Akrab Kakek-Cucu

Liputan6.com, Jakarta Hubungan kakek-cucu yang lengket seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Jan Ethes Srinarendra begitu menyejukkan bagi yang memandang. Bila kedekatan tersebut terus dijaga, ada banyak manfaat yang bakal didapat, baik bagi sang kakek maupun cucu.

Banyak psikolog yang menyebut hubungan kakek dengan cucu itu adalah murni penuh cinta tapi tidak rumit. Artinya kakek-nenek bisa memberikan cinta dan perhatian sama seperti orangtua, tanpa terbebani dengan tekanan serta tanggung jawab untuk membesarkan sang anak.

Nah, berikut keuntungan yang bakal didapat Jokowi dan Ethes serta kakek dan cucu lainnya bila terus menjaga hubungan, mengutip laman Everyday Health, Minggu (17/9/2017).

1. Penghubung generasi

Kehadiran kakek dan nenek bukan hanya untuk mengajarkan nilai-nilai penting dalam kehidupan, melainkan juga penyatu keluarga. "Kakek-nenek itu seperti lem, yang menyatukan keluarga," kata psikolog yang mendalami dunia parenting, Susan Newman.

Kakek dan nenek membantu orangtua jadi lebih dekat dengan anak. Salah satunya dengan menceritakan tentang kisah-kisah bapak atau ibu anak saat kecil dulu.

2. Panutan bagi cucu

Kehadiran kakek-nenek dalam kehidupan cucu tak hanya memberi tahu tentang masa lalu, tapi juga tradisi keluarga. Selain itu, kehadiran keduanya mengajarkan hal-hal menarik dalam kehidupan, seperti bermain catur, memelihara burung, dan tanaman.

"Kakek dan nenek, seperti orangtua, mereka adalah panutan yang hebat," kata Newman.

 

 Saksikan juga video berikut ini: 

1 dari 2 halaman

Sesekali rawat cucu, kakek lebih panjang umur

3. Bikin cucu lebih bahagia

Pernah tidak saat Anda masih kecil sering mendapatkan uang jajan atau diajak bermain oleh kakek atau nenek? Senang ya, pasti. Ya, studi dari Oxford membuktikan kehadiran kakek atau nenek bisa membuat cucu jadi lebih bahagia. Kehadiran kakek dan nenek dalam kehidupan cucu dengan frekuensi sering mampu menurunkan risiko anak depresi.

Presiden Jokowi saat bersama cucunya, Jan Enthes. (Liputan6.com/Ahmad Romadoni)

4. Kakek-nenek jadi panjang umur

Kehadiran cucu merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kakek dan nenek. Tingkah lucu dan manja, bisa membuat orang tua ini tertawa, mengutip Daily Mail.

Menurut studi ini, sesekali mengasuh cucu bisa membuat panjang umur lima tahun dibandingkan yang tidak. Namun, bila setiap hari mengasuh cucu malah bisa membuat stres yang berdampak pada kesehatan fisik dan mental.

Artikel Selanjutnya
Pernikahan Raisa-Hamish Daud Bakal Langgeng Bila....
Artikel Selanjutnya
Nasihat Pernikahan Seleb Dunia yang Bisa Disontek Raisa-Hamish