Sukses

Waspadai Penyakit Ini Saat Musim Pancaroba

Inilah penyakit-penyakit yang harus diwaspadai masyarakat Indonesia selama musim pancaroba

Liputan6.com, Jakarta Beberapa penyakit yang paling sering menimpa orang Indonesia selama musim pancaroba adalah infeksi saluran napas. Saluran napas itu bisa terjadi di hidung, tenggorokan, maupun pita suara.

Demikan yang disampaikan Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan, Kepala dan leher, Konsultan Laringofaringologi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Dr Zainal Adhim SpTHT-KL(K) PhD dalam sebuah diskusi belum lama ini.

Zainal mengatakan, penyebab infeksi saluran napas memegang peranan penting karena suhu di Indonesia di atas 30 derajat celcius.

"Suhu di sini kira-kira 35 sampai 37 derajat celcius. Itu semacam inkubator. Sehingga, kuman apa pun bisa tumbuh di Indonesia karena suhunya berkisar itu," kata Zainal.

Oleh karena itu, untuk perubahan musim yang terjadi saat ini, paling besar kemungkinan penyakit  yang menimpa orang Indonesia adalah infeksi saluran napas."Bisa radang laring, maupun radang hidung," kata dia menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini