Sukses

Jenis Suara Serak pada Penyanyi yang Harus Segera Ditangani

Penyanyi yang mendadak mengalami suara serak harus cepat-cepat ditangani ke ahlinya

Liputan6.com, Jakarta Seorang penyanyi rentan mengalami suara serak. Bila suara serak itu memang menjadi ciri khas dia sejak lama, bahkan sebelum terjun ke dunia hiburan sudah memiliki tipikal suara yang sering dianggap seksi, mungkin tak jadi masalah.

Menurut Dr Zainal Adhim SpTHT-KL PhD, suara serak yang dimiliki oleh penyanyi itu biasa disebabkan pergerakan dari pita suara dan komponennya yang kompleks.

Akan tetapi yang perlu diwaspadai kemudian adalah bila selama ini mempunyai jenis suara yang normal, tapi tiba-tiba berubah jadi serak.

"Itu terjadi akibat orang tersebut menggunakan suaranya berlebihan," kata Zainal.

Lebih lanjut, itu berarti kerja dari pita suara penyanyi tersebut terganjal akibat vocal nodul yang mengganggu pita suara.

"Itu jangan dibiarkan terlalu lama, susah sembuhnya. Tapi kalau dari awal sudah ditangani, bisa kembali seperti semula," ujar dia.

Biasanya, penanganan yang akan dilakukan untuk menangani suara serak pada penyani ini adalah dengan mengangkat benjolan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gangguan suara dapat terjadi karena berbagai penyebab. Salah satu gangguan suara yang cukup sering ditemui adalah suara serak.

    Suara Serak