Sukses

Tangani Migrain Gunakan Tanah Liat, Memang Bisa?

Liputan6.com, Jakarta Terserang migrain terutama dalam kondisi yang mengharuskan diri untuk bekerja merupakan hal yang tidak menyenangkan. Rasa sakit yang tak tertahankan seringkali menghambat aktivitas dan menginginkan untuk segera beristirahat.

Mengutip laman Step to Health, Sabtu (16/9/2017), migrain dapat disebabkan berbagai faktor, seperti diet, stres, tekanan darah atau kontraksi otot. Untuk meredakannya, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Merendam kaki dengan air hangat

Saat mengalami migrain, kepala mendapatk tekanan yang menyebabkan rasa sakit. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan merendamkan kaki di air hangat selama 20 hingga 30 menit.

2. Lemon

Cara mengatasi migrain ini didasarkan pada sifat pembersihan lemon, buah sitrus yang secara signifikan mengurangi pH tubuh.

Anda hanya perlu meletakkan setengah lemon di setiap pergelangan tangan selama 10 menit. Ini sangat mudah dan patut dicoba.

Selain itu, minum air putih dengan jus lemon juga bisa membantu saat Anda terkena migrain.

3. Enema kopi

Enema kopi memiliki efek luar biasa pada fungsi hati, organ yang berhubungan dengan migrain dan banyak masalah kesehatan lainnya.

Untuk melakukannya, pilihlah bubuk kopi organik yang belum dipanggang. Anda akan menerapkannya dengan menggunakan alat pengumpan karet.

Untuk mendapatkan setengah liter enema, rebuslah satu liter air dengan tiga sendok makan (50-60 g) kopi.

Oleskan enema saat berada pada suhu kamar sambil berbaring di sisi kanan. Usahakan menahannya sekurangnya 10 menit sebelum mengulanginya dengan sisa setengah liter.

Saksikan video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

4. Pijat menggunakan minyak esensial

Perawatan ini terdiri dari memijat daerah yang sakit pada wajah dan kepala dengan campuran dua minyak esensial, yaitu minyak esensial Mint yang menyegarkan dan aromatik serta minyak esensial Lavender yang berguna sebagai relaksasi dan melawan migrain.

Anda dapat mencairkan minyak esensial ini dengan sedikit minyak sayur, lotion, atau gel lidah buaya.

Jangan lupa hanya menggunakan minyak esensial murni, karena banyak tempat menjual esensi sintetis yang tidak memiliki khasiat kuratif dan hanya berfungsi untuk menambah keharuman ke ruangan.

5. Menempatkan tanah liat di perut

Perut adalah lokasi vital yang membantu menyeimbangkan semua fungsi tubuh. Bila Anda meletakkan tanah liat di atas perut Anda, efeknya bersifat anti-inflamasi, analgesik, dan relaksasi. Anda bisa melakukannya kapan saja.

Biarkan selama setidaknya setengah jam, meskipun dianjurkan untuk mencoba ini dalam semalam.

Saat Anda mencampur tanah liat dan air, hindari menggunakan wadah plastik dan logam dan peralatan, yang mengurangi beberapa manfaat dari perawatan ini. Sebagai gantinya, pilihlah kaca, kayu, atau keramik.

  • Migrain adalah sakit kepala yang terasa seperti berdenyut dengan tingkat sedang hingga parah.
    Migrain
Artikel Selanjutnya
Cara Akali Pengeluaran Saat Kerabat Tinggal di Rumah
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Atasi Laptop yang Basah Kena Air