Sukses

5 Penyebab Pasutri Rentan Cerai di Usia Pernikahan 10 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Usia pernikahan bukan jaminan bagi pasangan suami istri akan hidup bersama selamanya. Terbukti, banyak pasangan selebritas memilih bercerai di saat pernikahan memasuki usia hampir sepuluh tahun. Salah satu di antaranya adalah Josh Duhamel, pemeran dalam film Transformer.

Josh Duhamel dan Fergie memutuskan bercerai setelah delapan tahun menjalani kehidupan berumah tangga. Dari pernikahannya, pasangan tersebut memiliki seorang anak bernama Axl, yang kini berumur empat tahun.

Tak hanya Josh, beberapa pasangan selebritas lainnya juga bercerai setelah berumah tangga selama 10 tahun. Lalu, apakah yang menyebabkan pasangan rentan bercerai pada usia pernikahan kurang dari atau nyaris 10 tahun?

Berdasarkan penelitian, seperti yang dikutip dari situs Psychpage, Jumat (15/9/2017), perceraian di usia pernikahan yang masih sekitar 5 sampai 7 tahun disebabkan konflik yang tinggi. Sementara perceraian di usia menjelang 10 sampai 12 tahun, kebanyakan karena keintiman dan koneksi yang perlahan hilang.

Selain itu, ada beberapa penyebab perceraian bagi pasangan yang menikah selama satu dekade, seperti dikutip dari Huffington Post.

1. Berkembangnya perbedaan

Proses yang mengarah pada perceraian biasanya bukan sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba, kata Stan Tatkin, penulis Wired For Love. Sebaliknya, hal itu sering terjadi perlahan seiring berjalannya waktu.

"Hubungan mengalami keretakan secara perlahan, kemudian akhirnya mencapai masa kritis hingga berakhir dengan perceraian," ucap Stan.

Selain itu, perubahan hormonal yang muncul seiring bertambahnya usia dapat menyebabkan pergeseran gairah seks secara signifikan.

2. Faktor usia

Faktor lain pemicu perceraian setelah menikah hampir sepuluh tahun adalah usia. Sebagian orang seringkali merasa ingin memiliki pasangan yang lebih muda dari pasangannya saat beranjak tua. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab perceraian.

Saksikan video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

3. Merasa bosan

Steve Siebold, seorang penulis yang juga pakar psikologi dan mental, mengatakan bahwa rasa bosan bisa menjadi faktor pemicu perceraian pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun.

"Menjalani hidup dengan orang yang sama setiap harinya bisa mengarahkan pada kebosanan," ucap Steve.

4. Masalah keuangan

Setelah menikah, seseorang mempelajari kebiasaan pasangannya dalam menggunakan uang. Seringkali pasangan yang menemukan kesulitan pengaturan finansial dan masalah ekonomi lainnya memutuskan bercerai.

5. Seks

Faktor lainnya penyebab perceraian pasangan yang menikah kurang lebih selama 10 tahun, yaitu ketidakmampuan seksual.

"Perubahan hormon seiring bertambahnya usia dapat menjadi penyebab signifikan pada gangguan seksual. Hal ini bisa menjadi pemicu keretakan dalam rumah tangga," ucap Stan.

Artikel Selanjutnya
Seperti Kasus Pegawai BNN, Angka Suami Bunuh Istri Lebih Tinggi
Artikel Selanjutnya
Kini, Usia Pria Jadi Ayah Makin Tua