Sukses

Artis Ini Justru Mendonorkan Ginjal untuk Sahabatnya

Liputan6.com, Jakarta Sejak 2015, Selena Gomez berjuang menghadapi penyakit Lupus. Dua tahun berjalan, kini dia memberikan kabar mengharukan mengenai tranplantasi ginjal yang dijalaninya musim panas lalu. 

Selena Gomez mengunggah foto di akun Instagramnya beberapa belas jam lalu. Foto tersebut memperlihatkan Selena dan sahabatnya, Francia Raisa usai menjalani transplantasi ginjal. Raisa merupakan sahabat Selena yang telah memberikan ginjalnya kepada pelantun Bad Liar tersebut.

Selain Selena Gomez, penyanyi The Moth & The Flame juga menjalani transplantasi ginjal. Namun, berbanding terbalik dengan Selena Gomez, Brandon Robbins justru yang mendonorkan ginjalnya kepada pengelola band sekaligus mentornya, yaitu Corey Fox.

Mengutip laman Billboard, Jumat (15/9/2017), Fox didiagonis menderita penyakit ginjal sejak umur 15 tahun. Pada 2013, dokter mengatakan bahwa Fox harus mendapatkan donor ginjal.

Akhirnya Fox memutuskan untuk mengunggah sebuah tulisan di akun Facebooknya yang menjelaskan mengenai situasi yang sedang dihadapinya. Fox terkejut saat mendapatkan respons yang begitu besar.

"Saya tidak menyangka akan ada respons yang begitu besar," kata dia. Dalam waktu satu minggu, sekitar 200 orang mendaftar untuk diuji guna mengetahui apakah ginjal mereka cocok.

Tak hanya itu, beberapa band yang dikelola Fox sebelumnya juga turut membantu, seperti Imagine Dragons, Neon Trees dan The Moth & The Flame. Band tersebut juga menggelar konser bertajuk #FixTheFox untuk menggelar penggalangan dana untuk mendukung biaya medis bagi Fox.

Sayangnya, Fox belum juga mendapatkan donor ginjal yang cocok karena setelah pengujian pendonor memiliki perbedaan anatomi dengan ginjal Fox.

Saksikan video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

Kisah Robbins saat mendonorkan ginjal

Pada saat donor ginjal untuk Fox belum juga mendapatkan kecocokan, Robbins memutuskan untuk mendonorkan ginjalnya. Meski awalnya Robbins mengira bahwa bahwa dia tidak memiliki tipe darah yang sama, dia tetap melakukan tes di berbagai pusat kesehatan dan dia dinyatakan cocok untuk mendonorkan ginjalnya.

"Saya mendapatkan kabar tersebut dan saya merasa sangat senang meski ada sedikit perasaan takut saat membayangkan menjalani transplantasi. Namun, karena saya merasa begitu dekat dengan Fox, saya merasa melakukan hal yang benar," ungkapnya.

Mengetahui akan mendapatkan donor dari Robbins, Fox mengaku merasakan perasaan yang luar biasa. "Siapa pun tahu bahwa The Moth & The Flame selalu menjadi band spesial bagi saya," ucap Fox.

Akhirnya, Fox dan Robbins menjalani transplantasi ginjal pada 20 Desember 2016. Transplantasi tersebut berjalan lancar dan berhasil. Pasca operasi, Robbins berhasil pulih dalam waktu hitungan minggu. Sementara Fox membutuhkan waktu beberapa bulan sebelum kembali bekerja.

 

Artikel Selanjutnya
Alice Norin Pilih Masak Sendiri untuk Makanan Anak
Artikel Selanjutnya
Saat Nikita Mirzani Bicara tentang Organ Kewanitaan